Uncategorized

Kelas Dulur Ombudsman, Kenalkan Pentingnya Layanan Publik Bagi Masyarakat

PALEMBANG, AsSAJIDIN.COM –– Mengenalkan pentingnya pelayanan publik bagi masyarakat luas, Ombudsman perwakilan Sumatera Selatan (Sumsel) membuka kelas Dulur Ombudsman pertama bagi 12 pemuda, di Ombudsman perwakilan Sumsel, Kamis (31/01/2019).

Menurut Kepala perwakilan (Kepper) Ombudsman Sumsel, M. Andrian Agustiansyah, selama ini di lapangan banyak sekali terjadinya maladministrasi di kalangan layanan publik, seperti beberapa hari lalu yang melibatkan oknum kepala Kelurahan Timbangan, Ogan Ilir yang melakukan tindakan pungli kepada ibu-ibu, hingga videonya tersebar di media sosial.

Oleh karena itu, Andrian mengajak pemuda-pemuda dapat ikut berperan dalam satu visi untuk memberi informasi pentingnya layanan publik yang sesuai dengan UU dan standar operasional perusahaan yang berlaku.
“Selain itu, akan ada enam kali pertemuan yang membahas teori Ombudsman secara umum, dan kelas Dulur Ombudsman ini akan kita ajak melihat secara langsung kerja Ombudsman di lapangan, serta bagaimana sosialisasi di lapangan,” katanya.

Lihat Juga :  20 Tahun Beroperasi, Pabrik Tahu di KM 5 Palembang Kumuh dan Tak Berizin, Begini Kondisinya

Dia menambahkan kelas ini diberikan kepada 12 orang terlebih dahulu, sebagai awal terbentuknya, dan akan terus berlanjut. Kelas ini juga sifatnya santai, sehingga peserta tidak merasa terbebani, dan diakhir pertemuan akan diberikan penilaian dan sertifikat kepada seluruh peserta.

Pemateri kelas Dulur Ombudsman, Wisnu mengatakan banyak hal yang harus dipelajari mengenai pelayanan publik, mulai dari sejarah, tugas Ombudsman secara umum, dan pelayanan publik yang seharusnya, seperti yang tertuang dalam UU No. 37 Tahun 2008.

“Masih sangat sedikit masyarakat yang tahu bahwa Ombudsman itu bukan LSM, tapi lembaga negara di bawah presiden langsung,” katanya.

Lihat Juga :  Langgar Aturan, Belasan Restoran Beralih Fungsi Diam-diam

Dia juga mengatakan melalui kelas Dulur Ombudsman ini juga nantinya akan dapat ikut mensosialisasikan peran Ombudsman ditengah masyarakat, dan mencegah terjadinya tindak maladministrasi pada pelayanan publik di Indonesia khususnya Sumsel.(*)

Reporter : Maya Citra Rosa

Back to top button