SUMSEL MAJU

Berbuat Baik kepada Masyarakat Pra Sejahtera Lewat Posyandu, Ada Balita, Ibu Hamil dan Lansia yang Butuh Perhatian

PALEMBANG, AsSAJIDIN.COM – Gubernur Sumsel H Herman Deru telah menganggarkan dana Rp 5 juta per desa se Sumsel untuk menghidupkan kembali kegiatan posyandu di Sumatera Selatan.

Ini sesuai janji dan komitmen HD saat kampanye pilgub lalu. Hal ini diungkapkan HD saat menerima Pengurus Forum Kader Posyandu Indonesia (FKPI) Sumsel yang beraudiensi, Jumat (29/3/2019) di Griya Agung Palembang.

Hadir mendampingi HD ketua Tim Penggerak PKK Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru, Wakil I Tim penggerak PKK Hj Fauziah Mawardi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) H Yusnin SSos, perwakilan dinas kesehatan dan OPD terkait lainnya. Sedangkan dari FKPI hadir di antaranya Ketua FKPI Pusat H Baharuddin, pembina H Nurhadi, Ketua FKPI Sumsel Sukardi dan jajaran pengurus lainnya.

Gubernur mengatakan Posyandu merupakan wadah untuk kesehatan dini bagi masyarakat. Terutama masyarakat di pedesaan.

Lihat Juga :  Agar Bermanfaat, Harga Barang di Bazaar Ramadhan Jangan Sama dengan Harga di Pasar

“Pemerintah Sumsel berkomitmen dukung penuh posyandu ini, sesuai komitmen saya saat kampanye dulu, saya sudah anggarkan Rp 5 juta untuk posyandu berupa dana desa. Jadi totalnya sekitar Rp 20 Miliar untuk sekitar 4000 an desa” ungkap Gubernur Herman Deru.

Terbentuknya FKPI ini, lanjutnya sangat positif. “Jadi harapan besar kita melalui FKPI ini bisa membantu warga yang kurang mampu lewat posyandu ini dimulai dengan peduli kesehatan sejak dini,” katanya.

Sementara Ketua FKPI Pusat H Baharuddin menjelaskan Posyandu yang tersebar di Sumsel sebanyak 6557 posyandu dan 906 posyandu di Palembang. Saat ini kader FKPI di Sumsel ada sekitar 980.000 orang.

”Melalui posyandu bisa mengentaskan kemiskinan di Sumsel, karena orang kurang mampu itu umumnya ngumpul di Posyandu, ada balitanya, ada ibu hamil, ada lansia. Intinya kami semua kader posyandu ikhlas dan mendorong untuk berbuat baik kepada sesama manusia,” ungkapnya.

Lihat Juga :  HD : Syukuri Pergantian Tahun, Tinggalkan Kemewahan, Cukup dengan Doa Bersama

Ditambahkan Ketua FKPI Sumsel Sukardi, dengan adanya kader FKPI ini tidak hanya untuk kesehatan. Tapi juga kita bisa meningkatkan kesejahteraan kader FKPI yang kebanyakan juga dari kalangan pra sejahtera yang selama ini bekerja tanpa bayaran. “Kita bisa berdayakan lewat bidang-bidang keterampilan lain yang bisa menjadi tambahan penghasilan,” ujarnya.

Untuk menyemangati para kader, pada 2 April mendatang akan dilaksanakan pelantikan pengurus FKPI Sumsel dan Palembang yang akan dihadiri sekitar 5.000 kader posyandu se Palembang. Acara insyaallah akan dilaksanakan di PSCC Palembang. Gubernur Sumsel menyatakan siap untuk mengahadiri pelantikan.(*/sumber:tribunsumsel.com)

Tags
Close