LIFESTYLE

Adab Mengucap Salam, yang Muda Disunnahkan Menyapa Lebih Dulu

AsSAJIDIN.COM – Umat Islam menebarkan kebahagiaan di manapun berada melalui salam. Ucapan salam tak sebatas sapaan, namun juga sumber kedamaian dan kasih sayang sesama Muslim.

Salam sudah menjadi kebiasaan yang melekat pada umat Islam. Kebiasaan ini muncul lantaran anjuran mengucap salam dari Rasulullah Muhammad SAW.

Orang yang mengucap salam mendapatkan keutamaan atas sunah tersebut. Sementara yang mendengar salam terkena kewajiban untuk menjawabnya.

Tetapi, terdapat empat golongan orang yang ditekankan untuk mengucap salam lebih dulu. Siapa sajakah mereka?

Dikutip dari Bincangsyariah, dalam hadis riwayat Bukhari-Muslim, Rasulullah menjelaskan golongan orang yang sangat dianjurkan mengucap salam lebih dulu.

” Dari Abu Hurairah RA berkata, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, ‘Orang yang sedang berkendara disunahkan mengucapkan salam terlebih dahulu kepada orang yang berjalan kaki, sedangkan orang yang berjalan kaki disunahkan mengucapakan salam terlebih dahulu kepada orang yang duduk, dan orang yang populasinya sedikit disunahkan mengucapkan salam terlebih dahulu kepada orang banyak’.”

Lihat Juga :  Aplikasi Muslim Go, Pakai Font Mushaf Standar Indonesia, Ajak Anak Milenial Lebih Mempelajari Islam

Dalam riwayat lain disebutkan redaksi demikian.

” Anak kecil juga disunahkan mengucapkan salam terlebih dahulu kepada orang dewasa.”

Hadis tersebut merupakan adab dalam mengucap salam. Mereka yang mengucap salam lebih dulu mendapat keutamaan di sisi Allah SWT.

Imam Muhallab dalam kitab Nuzhatul Muttaqin Syarah Riyadus Shalihin menjelaskan, makna hadis di atas. Ada empat golongan yang disunahkan mengucap salam lebih dulu.

Golongan pertama yaitu orang yang berkendara kepada orang yang berjalan kaki. Ini untuk menghindari adanya perasaan sombong karena kendaraannya.

Golongan kedua yaitu orang yang berjalan kaki kepada orang yang duduk. Golongan ini disamakan dengan orang yang mau masuk dalam ruangan.

Lihat Juga :  Wanita Haid Dilarang Potong Rambut dan Kuku?

Golongan ketiga yaitu sekelompok orang dengan jumlah sedikit kepada mereka yang jumlahnya lebih banyak.

Sedangkan golongan keempat yaitu anak-anak kepada orang dewasa. Dalam hal ini, salam menjadi bentuk tawaduk (rendah diri) anak kecil di hadapan orang dewasa, terutama orangtuanya sendiri.

(*/Sumber: Bincangsyariah.com)

Tags
Close