NASIONAL

Masya Allah, Kisah Heroik Aiptu Sujadi Selamatkan Keluarga Terjebak Banjir di Tol Ngawi-Kertosono

AsSAJIDIN.COM — Video berisi aksi pengendara mobil menghentikan laju kendaraannya di jalan tol untuk menolong satu keluarga yang terjebak banjir di sisi jalan tol Ngawi-Kertosono, Jawa Timur, viral di media sosial.

Pada video yang diunggah oleh akun Facebook bernama Nanda Sapto Wati pada Kamis (7/3/2019) sekitar pukul 16.19 Wib itu terekam aksi dramatis bagaimana pertolongan terhadap 2 orang dewasa dan 2 anak-anak yang terjebak banjir setinggi leher orang dewasa itu. Masih dalam video itu, nampak ada beberapa orang yang terlibat dalam aksi kemanusiaan itu. Dua di antaranya kemudian dikenali sebagai Sujadi dan Nayotama (17), yang merupakan suami dan anak dari Nanda Sapto Wati, pengunggah video tersebut. Sujadi sendiri merupakan seorang anggota Satlantas Polres Kediri berpangkat Aiptu yang berdinas di Samsat Katang.

Sujadi yang diwawancarai terkait aksi penyelamatan itu menuturkan, peristiwa itu bermula saat dia dan rombongan keluarganya bepergian dari Ngawi hendak pulang ke rumahnya di Kediri. Di dalam kendaraan itu, dia duduk di bangku sebelah kiri menemani Nayotama yang bertindak sebagai pengemudi. Istrinya, Nanda Sapto Wati, ada di belakangnya. Saat melintas di jalur tol Ngawi-Kertosono atau sekitar wilayah Desa Klesikan, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, dia mengurangi laju kendaraannya dan berjalan di tepi karena adanya banjir di dekat tol. “Saya buka kaca lalu intinya ada orang minta tolong,” ujar Sujadi.

Lihat Juga :  PLN Tiba-tiba Turunkan Tarif listrik Per 1 Maret, ini Alasannya

Aiptu Sujadi mengisahkan bagaimana dia menyelamatkan keluarga yang terjebak banjir pada Kamis (7/3/2019) di ruas tol Ngawi-Kertosono. Dia mengaku tergerak hatinya saat mendengar seorang laki-laki yang meminta tolong dari balik pagar berkawat duri saat melintas di ruas Tol Ngawi-Kertosono, pada Kamis (7/3/2019). “Kebetulan waktu itu kaca mobil saya buka, dan saya mendengar jelas ada yang meminta tolong. Saya langsung turun saat itu,” katanya usai menerima penghargaan di Mapolda Jawa Timur, Senin (11/3/2019).

Dia membayangkan, jika tidak ada yang menolong, pasti keluarga tersebut akan tenggelam di tengah banjir. “Saya anggota Polri pengayom masyarakat maka saya harus turun dan membantu,” ucapnya.
Saat itu, dia meminta anaknya untuk mencari pertolongan dengan menghentikan mobil lain yang melintas, namun tidak ada respon. “Anak saya saya suruh minta pertolongan kepada mobil-mobil yang melintas, tapi tidak ada respon,” katanya. Aksi Sujadi menolong keluarga di tengah banjir terekam kamera ponsel yang dioperasikan Nanda Sapto Wati, isterinya. Video tersebut viral setelah isterinya mengunggah video tersebut di akun facebooknya. Dalam video, isteri Sujadi terus berdoa dan menangis melihat aksi penyelamatan itu.
Dalam video tersebut, Sujadi mengambil dua anak kecil satu persatu dari seorang lelaki dari balik pagar berkawat duri dan membawanya ke sisi jalan tol. Setelah diselamatkan, dua anak itu lantas diberi selimut untuk menghangatkan tubuhnya. Dalam apel pagi di Mapolda Jawa Timur, Aiptu Sujadi yang tercatat sebagai anggota Satlantas Polres Kediri itu diberi penghargaan oleh Kapolda Jawa Timur, Irjen Luki Hermawan.

Lihat Juga :  Kemenag Bakal Naikkan Gaji Tenaga Honorer Penyuluh Agama Islam

Kata Luki, aksi heroik penyelamatan tersebut bukanlah dibuat-buat atau untuk pencitraan anggota Polri. Kata dia, aksi tersebut memotivasi anggota Polri untuk berbuat sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.(*/sumber: kompas.com)

Tags
Close