SUMSEL MAJU

Piala Presiden E-Sport Digelar di Palembang, ini Harapan untuk Pengembangan ke Depan

PALEMBANG, AsSAJIDIN.COM  – pembukaan babak kualifikasi regional turnamen Piala Presiden Esports 2019 secara serempak yang diikuti oleh masing-masing 64 tim di setiap kotanya yaitu Palembang dan Bali. Turnamen diselenggarakan di Palembang Sport Convention Centre (PSCC), Sabtu (09/02/19).

Pertandingan Kualifikasi Regional Piala Esports 2019 secara langsung pada hari sabtu dan minggu dimulai pukul 10.00 – selesai.  Atas kerjasama dari Kantor Staf Presiden, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Badan Ekonomi Kreatif dan disponsori oleh sponsor utama Sakuku dan blibli.com dan co-Sponsor Game.ly dan Moonton ini diadakan dengan tujuan untuk mencari bibit-bibit baru atlit esports di Indonesia.

Acara pembukaan babak kualifikasi regional turnamen Piala Presiden Esports 2019 dibuka langsung oleh Asisten Deputi Pengembangan Olah Raga dan Layanan Khusus Kemenpora Tradisional, dr. Bayu Rahadian Sp. Kj dan Kadispora Provinsi Sumatera Selatan, Ahmad Yusuf Wibowo sebagai bentuk dukungan pemerintah akan cabang olahraga ini.

“Esports sudah merupakan style anak muda milenial saat ini. Tentu saja Kemenpora selaku pemerintah memberikan support, termasuk juga pengawasan, regulasi dan lain-lainnya dan pihak Kemenpora akan terus memantau perkembangannya,” kata dr. Bayu Rahadian dalam kata sambutannya.
“Esports merupakan olahraga professional karena esports membutuhkan kecepatan dalam merespons dan kerjasama tim.

Lihat Juga :  Gubernur HD Apresiasi Kontribusi Muhammadiyah untuk Sumsel

Hal ini menjadikan esports sebagai profesi, harus dikelola secara professional dan didukung dengan aturan. Terlebih lagi, para pemain esports didominasi oleh kalangan muda dan usia milenial, sehingga harus diwadahi. Kita sudah melaksanakan esports ini di Asian Games dan mudah-mudahan Sea Games di Filipina sudah menjadi cabang olahraga. Jadi, esports tidak boleh dipandang remeh karena merupakan masa depan dari olahraga yang harus mulai disiapkan dari sekarang,” kata Kadispora Sumatera Selatan, Ahmad Yusuf Wibowo dalam pidato singkatnya.

Pemenang semifinal yang berhak masuk ke final babak kualifikasi regional Piala Presiden Esports 2019 akan mendapatkan hadiah Rp 25juta untuk juara 1, Rp 15 juta untuk juara 2 dan Rp 10 juta untuk juara 3 yang rencananya akan diberikan langsung oleh Kadispora Palembang, VP IESPL selaku penyelenggara acara dan perwakilan sponsor pada hari Minggu, 10 Februari 2019 jam 20.00 di Palembang Sport dan Convention Center.

Lihat Juga :  Apel Tiga Pilar, Gubernur Harapkan Sumsel Selalu Siaga dan Aman

Piala Presiden Esports 2019 ini membuka pendaftaran di 8 kota di Indonesia yaitu Palembang, Bali, Makassar, Surabaya, Manado, Solo, Pontianak dan Bekasi dengan harapan setiap atlit esports diberbagai kota bisa mendaftarkan timnya di kota terdekat tersebut. Akan tetapi hanya 2 kota awal saja, yaitu Palembang dan Bali yang menyelenggarakan kualifikasi regionalnya secara offline, karena begitu besar antusiasme terhadap olahraga esports ini, yang menyebakan banyak permintaan dari masyarakat luas diberbagai kota di Indonesia untuk turut serta menyaksikan turnamen Piala Presiden Esports 2019 ini, maka kualifikasi regional Piala Presiden Esports 2019 di 6 kota lainnya akan diselenggarakan secara online untuk mendapatkan finalis yang kemudian akan bertanding secara langsung.

Ketua Tim The Brave Heart (TBH), Novreza mempunyai harapan besar untuk mewakili Sumatera dipertandingan selanjutnya. “tim sudah menang 4 kali pertandingan, online 2 kali dan ofline 2 kali, Jadi TBH menuju ke babak 8 Besar”, katanya.(*)

Penulis: Tri Jumartini Ilyas

Tags
Close