LIFESTYLE

Sebungkus Nasipun Berarti Bagi Mereka

Intip Kegiatan Komunitas BCP

ASSAJIDIN.COM — Komunitas BERKAS chapter Palembang (berbagi dengan ikhlas untuk sesama) atau populer di kalangan dengan nama BCP adalah komunitas sosial nirlaba yang dibentuk untuk memfasilitasi donatur dalam kemudahan bersedekah dan menyalurkan donasi kepada kaum dhuafa dan saudara-saudara yang membutuhkan lewat program-program sedekah kreatif khas komunitas Berkas.

Berkass bermula didirikan di Jambi pada bulan Mei tahun 2016 diawali oleh 4 orang yaitu Romeo, Purwono, Rendra, dan Dedek. Tidak lama setelah komunitas berkas chapter di Jambi berjalan dengan baik.

Kemudian di kota Palembang mempunyai niat yang sama untuk membuat suatu komunitas berkas chapter Palembang yang di ketuai oleh Asnawi Saputra wakil ketua Rodiyah sekretaris Ana dan Siti Hijriyah bendahara Sira dan Humas Hendra serta beberapa pengurus laiinnya.

Lihat Juga :  Film '212 The Power of Love' ¬†Mulai Tayang 9 Mei, Berikut Lima Fakta Unik yang Perlu Kamu Tahu

Kegiatan rutin yang dilakukan oleh komunitas berkas chapter Palembang (berbagi dengan ikhlas untuk sesama) diadakan setiap satu kali dalam satu bulan. “Kegiatan yang kami lakukan adalah membagikan nasi bungkus kepada kaum dhuafa dan orang-orang yang kurang beruntung disepanjang jalan Palembang dan beberapa Panti Asuhan. Disamping program-program sedekah kreatif lainnya,” ujar Ana sekretaris komunitas BCP.

Fokus BCP menyalurkan donasi kepada orang-orang yang membutuhkan. ” Insya allah komunitas ini amanah dalam menyalurkan donasi-donasi yang telah diberikan,” katanya.

Komunitas ini setidaknya sedikit membantu keluarga yang memiliki kekurangan baik dari segi makanan maupun segi minuman. “Walaupun hanya nasi bungkus yang kami berikan kepada mereka kami cukup bersyukur bisa membantu sesama agar mereka tidak merasakan kelaparan,” ujarnya.

Lihat Juga :  Menyeimbangkan Kesehatan Jiwa dan Raga

Bantuan didapat dari beberapa donatur yang selalu bersedekah lewat media sosial. “Kami selalu meminta bantuan kalau mau mengadakan agenda saja,” kata Ana.

Sebenarnya komunitas BCP belum.memiliki markas. Komunitas selalu berpindah-pindah tempat dalam berkumpul untuk mendiskusikan setiap kegiatan yang akan dibahas. “Kadang kami di Monpera, dan juga di rumah relawan.
Alhamdulillah untuk sejauh ini komunitas berkas berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

BCP meski baru berumur jagung karena didirikan Juni 2018 lalu, anggotanya berusaha untuk¬†menjadi pelopor komunitas sosial yang amanah. “Kami bettekad menyalurkan donasi dari para donatur lewat program sedekah kreatif dan selalu mengkampanyekan gemar bersedekah lewat media sosial,”tutup Ana.(*)

kiriman tulisan : Yurniana

Tags
Close