BERITA UTAMAPALEMBANG EMAS

Wakil Walikota Palembang Pimpin Langsung Petugas Bersihkan Sungai Serangam

PALEMBANG, AsSAJIDIN.COM — Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, bersama sekitar 100 petugas dari berbagai instansi atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Palembang secara langsung membersihkan Sungai Serangam di Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II Palembang, sejak hari Rabu kemarin hingga Kamis, 29 November 2018.

Meskipun sempat diguyur hujan, Wakil Walikota yang akrab disapa Finda ini bersama petugas lainnya tetap melanjutkan pembersihan sungai dan pengerukan tanah endapan lumpur yang menyebabkan tersumbatnya aliran sungai.

“Hari ini, kita targetkan pengerukan tanah lumpur dari limbah ini sudah teratasi. Membutuhkan kesabaran dan langkah yang tepat untuk membersihkan lumpur dan sampah yang telah mengendap terlalu lama dan menyatu dengan sungai, apalagi hanya bisa diangkut dengan cara manual, karena memang tidak memungkinkan bagi kita untuk menggunakan alat berat,”ucap Fitri saat memantau langsung kegiatan pembersihan dan pengerukan sungai.

Lihat Juga :  Sidak Pasar, Wawako Kaget Ada Pedagang Sewakan Lapak

“Kedepan kita mewajibkan PDAM, PU PR, PU Pera KP dan petugas DLHK, agar nantinya setiap satu bulan sekali untuk melakukan gotong-royong di sungai ini,” jelasnya lebih lanjut.

Dikatakan Fitri, ada dua cara untuk menjaga kebersihan sungai, yaitu jangka pendek dengan cara melakukan gotong-royong membersihkan sungai dan jangka panjang membuat rumah pompa untuk mengalirkan debit air pada saat terjadi luapan.

“Tentunya dibutuhkan komitmen dan kesadaran dari masyarakat, agar selalu menjaga kebersihan, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi di sungai. Karena tanpa partisipasi masyarakat semua program yang dilakukan pemerintah akan sia-sia,”tegas Finda.(*)

Penuli: Muhammad Dudin

Berita Terkait

Close