PARIWISATA

Sudah Pernah Naik Delman di KI? Ternyata Begini Perawatan Kuda-kudanya

 

AsSAJIDIN.COM — “Wah Palembang sekarang ada delman lho? Serasa berada di Bandung aja…, ” kata seorang warga yang melihat delman melintas di kawasan Kambang Iwak Palembang.

Ya, pertengahan Januari lalu, Walikota Palembang meluncurkan delman yang siap melayani warga atau pengunjung yang ada di seputaran Kambang Iwak.

AsSAJIDIN.COm ingin tahu bagaimana merawat kuda delman, yang notabene termasuk hewan langka di Palembang.

“Merawat kuda itu susah-susah gampang, tergantung kudanya. Ada kuda yang jinak, ada kuda yang ngeyel, apalagi kalo dapat yang galak, itu paling susah,” kata salah satu kusir kuda andong, Ferry ketika ditemui di Taman Kambang Iwak Palembang, belum lama ini.

Lihat Juga :  Cari Hotel, Klik OYO Saja, Jaringan dengan 1.200 Pemilik Hotel

Sama seperti kuda pada umumnya, kuda-kuda tersebut mendapat makanan berupa rumput cincang dengan campuran dedak.

“kalau untuk makannya, sama kaya kuda pada umumnya, makan rumput dicampur dengan dedak,” kata Ferry.

Satu kuda itu jatah makan seharinya 1 karung rumput, dan 4 kg dedak. Dan kalau untuk mandinya setiap harilah.” sambungnya.

Ferry menambahkan kandang kuda terletak di Soak Simpur, Sukabangun Palembang. Kuda di bawa dengan menggunakan mobil, dan andong ditinggalkan di Dinas Pariwisata Palembang.

Ferry menambahkan antusias tinggi warga yang ingin merasakan naik delman di Palembang, kemungkinan untuk kedepannya Delman akan juga melayani di kawasan Jakabaring.

“Mungkin untuk kedepannya memang ada untuk di Jakabaring, cuman sekarangkan masih pemula, jadi disini (KI) dulu, di yang deket-deket dulu, tempat-tempat teduh,” kata Ferry. .(*)

Lihat Juga :  Museum SMB II: Peninggalan Melayu dan Ikatan Emosional dengan Wisatawan Singapura dan Malaysia

Kiriman Tulisan: Widi Sawitri

Tags
Close