BERITA TERKINIPOLITIK

Heboh Cara Wudhu Sandiaga Uno, Ini Kata Mahfud MD

AsSAJIDIN.COM — Baru-baru ini netizen di Twitter diramaikan dengan video cara wudhu calon wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno.

Dalam satu kegiatan, video yang beredar luas di medsos tersebut memperlihatkan Sandiaga berwudhu di dalam satu gayung yang sekaligus digunakannya untuk berkumur, membasuh muka, membasuh rambut dan telinga dengan mencelupkan tangan beberapa kali. Baru kemudian air sisa di gayung dibasuhkan ke kaki dan menambah air lagi dari bak yang sudah tersedia untuk menggenapkan membasuh kaki sampai tiga kali.

Menanggapi video tersebut, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD di akun Twitter-nya, @mohmahfudmd, menjelaskan soal cara wudhu yang dilakukan oleh Sandiaga Uno.

Mahfud MD menjelaskan hal tersebut pada postingan video Sandiaga Uno saat sedang wudhu menggunakan gayung untuk mengambil air di bak.

Lihat Juga :  Sandiaga Laksanakan Sunah Nabi Sebelum Jalani Debat

Menurut netizen, sebaiknya air dalam gayung tersebut dikucurkan layaknya keran. Sebab, air yang sudah tercampur tangan itu sudah tak bisa mensucikan untuk berwudhu.

Namun, beberapa lainnya menilai cara wudhu Sandiaga Uno itu tetap sah. Sebab, dalam kondisi tertentu dipebolehkan wudhu seperti itu, apalagi tidak ada keran. Ada juga yang mengatakan bahwa wudhu yang dilakukan Sandi sesuai dengan madzhab Imam Maliki.

Pada cuitannya, Mahfud menjelaskan tata cara berwudhu yang benar. Menurutnya, secara fiqih yang dianut Aswaja, pada umumnya wudhu tidak memakai air mustakmal.

“Scr fiqih yg dianut Aswaja pada umumnya “wudhu” tdk memakai air mustakmal kecuali sdh 2 qulah, yg diusapi air adl seluruh wajah (bkn hny pipi, hidung, mulut, dagu), yg diusapi air telapak tangan sampai siku.

Lihat Juga :  Rumah Tahfidz akan Jadi Salah Satu Lembaga Pendidikan Resmi

Maaf, ini tatacara fiqih, bkn politik. Tak perlu dipolitisir,” tulisnya.

Mahfud MD juga sempat menjelaskan soal 2 qulah dan air mustakmal. Ini karena ada netizen yang menanyakan soal 2 qulah sama dengan berapa liter.

Mahfud MD kemudian menjelaskan bahwa air gayung yang dipakai Sandiaga Uno itu suci, tapi tak bisa mensucikan karena sudah ia sentuh berulang kali.

Mustakmal artinya air bekas pakai, spt sdh disentuh.

Air mustakmal dlm gayung itu adl suci tp tdk bs mensucikan.

Tapi itu fiqih yg diajarkan di pesantren2 ya.

Yg namanya fiqh merupakan hasil ijtihad jumhur fuqaha. Tak usah diributkan.

Gunakan pendekan tasawuf,” jelasnya. [*/sumber: SUMBER: TRIBUNNEWS]

Tags
Close