Uncategorized

Herman Deru: Kepala Daerah Wajib Gunakan Data Statistik Setiap Ambil Kebijakan

PALEMBANG, ASSAJIDIN.COM –Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru menghimbau kepada seluruh kepala daerah dan pengambil atau penentu kebijakan di wilayah Sumatera Selatan agar selalu memanfaatkan data statistik dalam mengeluarkan keputusan atau kebijakan publik.

Himbauan tesebut disampaikan H. Herman Deru ketika menghadiri sekaligus membuka acara Pemantapan Statistik Pertanian dan Pronas Ketahanan Pangan Nasional 2018, di Hotel The Zuri Palembang, Selasa, 23 Oktober 2018.

“Saya pribadi sangat berpegang erat pada data-data yang ada, karena dengan data yang akurat pemecahan masalah akan tepat sasaran,”ucapnya saat memberikan sambutan pada acara tersebut.

Lihat Juga :  Ujian Wabah Pandemi Covid-19, Pembeli Kian Sulit, Pedagang Menjerit

“Ketika Pilkada saja saya menggunakan data dan lembaga survei, apalagi terkait kebijakan publik. Tentu harus memanfaatkan data bukan berdasarkan masukan politis,”ungkapnya disambut tepuk tangan yang meriah dari seluruh peserta acara.

Dihadapan Kepala Badan Pusat Statsitik (BPS) Sumsel Ir. Endang Tri Wahyuningsih, M.M., dan juga beberapa perwakilan Ketua BPS Pusat Jakarta, mantan Bupati OKU Timur ini akan mewajibkan seluruh kepala daerah di Sumatera Selatan untuk mengupdate data-data yang dikeluarkan BPS.

“Bagaimana mungkin seorang pemimpin bisa mengerluarkan kebijakan tanpa data, maka dari itu setiap satu bulan sekali setiap kepala daerah wajib untuk selalu mengupdate data BPS,”tegas H. Herman Deru.

Lihat Juga :  Gara-gara KKN Menari, Bioskop Kota Palembang Dipadati Pengunjung

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statsitik (BPS) Sumsel Ir. Endang Tri Wahyuningsih, M.M., menyampaikan acara pemantapan statistik yang diikuti oleh 346 peserta dari 16 Provinsi di Indonesia, bertujuan untuk membekali peseta tentang statistik pertanian dalam mendukung program nasional terkait ketahanan pangan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung kesusksesan program-program pemerintah dalam bidang pertanian terkait perencanaan yang berbasis data,”kata wanita yang dilantik sebagai Kepala BPS Sumsel pada 3 September lalu ini.(*)

Penulis: Muhammad Dudin

Back to top button