Uncategorized

Kontrol Kualitas Udara, EKUP Lakukan Uji Emisi 1.500 Kendaraan

PALEMBANG, ASSAJIDIN.COM — Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Kota Palembang, Heni Kurniawati mengatakan, pihaknya akan mengggelar kegiatan Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) yang akan dilakukan mulai Dari tanggal 09 hingga 11 Oktober, di tiga ruas jalan yaitu Demang Lebar Daun depan Perumahan PLN, Jl. Residen A. Rozak (Villa Ever Green), dan Jl. Ahmad Yani di SPBU Coco Plaju.

Adapun EKUP Ini terdiri dari tiga hal, yaitu Uji emisi, pemantauan Kualitas Udara jalan raya/Road side monitoring, dan kinerja Lalu Lintas/ traffic counting.

Lihat Juga :  Mulai Kendor, 600 Orang Terjaring Razia tak Gunakan Masker

Program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dalam rangka mengevaluasi keberhasilan pemerintah Daerah dalam melaksanakan pengendalian pencemaran udara sumber bergerak atau dari sektor transportasi.

Saat diwawancarai, Heni mengatakan tujuan diadakannya uji emisi mendorong pemerintah daerah untuk melaksanakan program pengendalian pencemaran udara secara lebih terfokus dan terarah.

“Selain itu tujuan meningkatkan kualitas udara perkotaan dengan cara menurunkan tingkat pencemaran udara dari sector transportasi khususnya Kendaraan bermotor, “Katanya, Selasa 09 Oktober 2018.

Penyelenggaraan EKUP Ini dilakukan untuk mengetahui Kualitas Udara di Kota Palembang.

Lihat Juga :  Budayakan Motto Sehat: Lebih Baik Mencegah dari pada Mengobati

“Uji emisi dilakukan untuk Kendaraan dengan target pengambilan sampel sebanyak 1500 Kendaraan selama Tiga Hari, sampel tersebut Nantinya di evaluasi di kementerian,”katanya.

Bagi Kendaraan diharapkan melakukan service kendaraan secara rajin dan teratur di bengkel bengkel. (*)

Penulis:  Tri Jumartini Ilyas

Back to top button