BERITA TERKINIHAJI & UMROHPENDIDIKAN

700 Siswa SDIT Alfurqon Khusuk Ikut Manasik Haji, Terbagi 6 Kloter

PALEMBANG, ASSAJIDIN.COM –Yayasan Pendidikan Islam Terpadu Al Furqon Palembang kembali menggelar manasik haji, Kamis (06/09/2018).

Kegiatan manasik haji yang dilaksanakan di halaman Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Al Furqon Palembang tersebut, diikuti oleh seluruh siswa-siswi SD IT Al Furqon Palembang.

“Kegiatan manasik haji merupakan agenda tahunan dari Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Furqon Palembang. Tahun ini merupakan tahun ke sembilan, yang diikuti oleh lebih 700 siswa. Mulai dari kelas satu sampai kelas enam, yang dibagi menjadi enam kloter” tutur Uztadzah Lidya Sari, S.Pd. I selaku ketua panitia pelaksana kegiatan manasik haji SD IT Al Furqon Palembang.

Ustadzah Lidya juga menjabarkan rangkaian kegiatan manasik haji dilakukan dengan menggambarkan ibadah haji yang sesungguhnya.

Lihat Juga :  Wisuda Akbar SIT Al Furqon Palembang Lahirkan Generasi Berprestasi dan Berjiwa Qur'ani

“Semuanya sudah kita persiapkan, diawali dengan niat dan mengenakan pakaian ihram. Kita siapkan replika pesawat keberangkatan, lalu ada replika ka’bah yang digunakan sebagai ketika thawaf, tempat sholat sunah, bukit safa dan bukit marwah untuk melaksanakan sa’i, kita praktekkan juga tahallul tempat melempar jumroh, bahkan untuk hewan qurbannya juga seperti kambing dan onta kita buatkan replikanya, sebagai upaya memberikan gambaran ibadah haji yang sebenarnya,”jelasnya.

Sementara itu, wakil kesiswaan dan keislaman SD IT Al Furqon Palembang, Ustadz Topan Saputra, M. Pd.I menuturkan maksud dan tujuan dilaksanakannya manasik haji untuk menimbulkan kerinduan dan kecintaan untuk beribadah ke tanah suci sejak mereka.

“Pada dasarnya ini merupakan kegitan praktek pendidikan agama Islam, sebagai proses lanjutan dari teori yang telah diajarkan di kelas. Yang bertujuan untuk mengenalkan sejak dini kepada siswa SD IT Al Furqon Palembang tentang rukun Islam yang kelima beribadah haji,”jelasnya.

Lihat Juga :  Musim Haji, Suhu Mekah Diprediksi 53 Derajat, Calon Jemaah Haji Diminta Siapkan ini

Kegiatan manasik haji itupun mendapat dukungan dan apresiasi dari orang tua siswa SD IT Al Furqon Palembang, salah satunya yang diungkapkan oleh Anita.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali buat anak-anak, karena sejak dini mereka sudah dikenalkan makna ibadah haji, hari raya idul adha dan makna dari berqurban. Semoga SD IT Al Furqon Palembang terus memberikan makna-makna pembelajaran yang baik bagi anak-anak,”tandasnya.(*)

Penulis : Muhammad Dudin

Close