BERITA TERKINI

Kapal KRI Dewaruci Berlabuh di Boom Baru, Boleh Dikunjungi Masyarakat 17-18 Agustus

PALEMBANG, AsSAJIDIN.COM — Ada yang berbeda di Pelabuhan Boom Baru Palembang. Dalam mendukung serta mensukseskan Asian games XVIII 2018 dan HUT RI ke-73 tahun, kapal KRI Dewaruci akhirnya berlabuh dan bersandar di Bumi Sriwijaya, Penyambutan KRI Dewaruci ini disambut langsung oleh Komandan Lanal Palembang Kolonel laut (P) Dwi Prasetyo RN, di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Kamis (16/8).

Menurut sejarah, Kapal KRI Dewaruci ini dibuat tahun 1952, dan pada tahun 1953 KRI Dewaruci dibawa berlayar ke Indonesia oleh Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) dan diresmikan sebagai kapal latih bagi Taruna Akademi Angkatan Laut yang berbasis di Surabaya sampai sekarang.

Dalam pelayarannya, KRI Dewaruci mengemban misi sebagai mengenalkan budaya, kesenian, Wisata Nusantara dan mengemban diplomasi Indonesia internasional.

Lihat Juga :  Cara Mengubah Perilaku yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW

Komandan Kapal KRI Dewaruci Ke-37, Letkol laut (P) Waluyo,SH,M.Tr.Hanla mengatakan, keberangkatan perjalanan ini selama dua hari menuju ke Palembang, karena sebelumnya KRI Dewaruci ini dimulai dari Surabaya pada 23 Juli dan menuju ke Makassar pada 26 Juli terus mengikuti torch Relay Asian games membawa pawai obor.

“KRI Dewaruci berlayar dan berlabuh dimulai dari Surabaya, Makassar keliling menyisiri laut sambil membawa Api obor Asian Games, kemudian, KRI Dewaruci berlabuh di Palembang, disandarkan di pelabuhan Boom baru,” terangnya.

Lanjutnya, kapal KRI Dewaruci akan membuka Open Ship bagi para pengunjung yang mau melihat dan mengetahui lebih dalam lagi sejarah tentang KRI Dewaruci ini.

Lihat Juga :  Ini Rahasia dari Prenagen agar Calon Buah Hati Sehat Selama di Kandungan

“Nanti jadwal kita buka untuk pengujung, mulai pukul 09.00 – 20.00 WIB, jika animo masyarakat banyak dan akan dipandu petugas dilapangan,” tuturnya.

“Layanan ini dimulai tanggal 16-19 Agustus, pada hari terakhir pada pukul 10.00 WIB, KRI Dewaruci akan langsung berangkat menuju ke Jakarta untuk persiapan background lomba layar dan sky dan berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok dan Ancol,” tambahnya.

Personil TNI-AL KRI Dewaruci terdiri dari 71 orang baik itu dari Perwira, Bintara, dan tamtama dan dibantu dari 37 orang SMK Hangtuah Pelayaran Angkatan Laut (AL) sesuai komando dari pimpinan Pelayaran KRI Dewaruci, Itupun diluar dari personil,” tandasnya.(*)

Berita Terkait

Close