NASIONAL

Tanggal 20-21 Juli Warga Palembang Berkesempatan Naik LRT, Ongkos Rp 5000 Bayar Pakai E-Money

 

PALEMBANG, AsSAJIDIN.COM –  Penasaran bagaimana rasanya naik Light Rail Transit (LRT) yang selama ini hanya dilihat pembangunannya saja.  Nah, ayo menjadi orang pertama yang bisa naik LRT.

Pada Jumat (20/7/2018), Kementerian Perhubungan akan membuka operasional LRT meskipun belum sepenuhnya full terbuka bagi masyarakat umum.

“Tanggal 20 atau 21 Juli, bisa dipakai LRT. Rute mulai dari Stasiun DJKA/OPI ke Bandara dan sebaliknya,” jelas PPK Kemenhub LRT Sumsel, Suranto seperti dikutip dari Tribunsumsel.com, Rabu (18/7/2018) malam.

Kabar baiknya lagi, tarif untuk sekali naik diberlakukan flat Rp 5.000 untuk dalam kota. Sedangkan naik atau turun di bandara akan dikenakan Rp 10 ribu.

Lihat Juga :  Atiqoh Ganjar Pranowo Hadir di Ponpes Sultan Mahmud Badaruddin Palembang, Ini Pesannya kepada Santri

Trainset yang akan digunakan untuk mengangkut penumpang minimal 2 Trainset. Kemenhub masih menghitung pengerjaan yang dilakukan oleh Waskita agar tidak terganggu.

Sebab saat ini masih akan dilakukan sejumlah penyelesaian, terutama dalam melakukan uji evakuasi di atas jalur LRT.

“Jadi operasional kanan kiri, nanti kalau sudah dipastikan sudah clear maka 8 trainset yang disiapkan akan dioperasionalkan semua,” ungkapnya.

Untuk pembayaran, akan dilakukan dengan cara pembayaran non tunai. Saat akan naik ke peron di lantai atas penumpang harus taping kartu atau uang elektronik.

Namun, bagi masyarakat yang tidak ada kartu, nanti disiapkan petugas di loket.

Lihat Juga :  Masyarakat Diingatkan Waspada Ancaman El Nino di Musim Kemarau

LRT Sumsel dalam 1 trainsetnya memiliki 3 kereta bisa mengangkut 536 penumpang dengan rincian 128 duduk dan 406 berdiri.

Waktu tempuh sepanjang 22,3 kilometer berkisar 40 menit. Setiap stasiun akan berhenti selama 30 detik.

Diharapkan juga penumpang bisa mengerti untuk membiarkan penumpang yang turun lebih dulu diutamakan.

Dalam trainset juga bakal disiapkan seperti fasilitas AC, CCTV dan WiFI.(*)

Back to top button