Uncategorized

99 Asmaul Husna, ini Keutamaan Menghafal dan Khasiatnya

 

AsSAJIDIN.COM — Kali ini akan diulas mengenai bacaan asmal husna beserta artinya untuk memudahkan. Hendaknya kita sebagai seorang muslim tahu dan memahami apa yang dimaksud dengan asmaul husna, apa keutamaan dan khasiatnya serta apa arti dan maknanya di setiap lafadznya.

Pengertian asmaul husna sendiri menurut bahasa adalah nama nama yang baik, sedangkan menurut istilah berarti nama nama ALLAH SWT yang baik, indah dan agung sesuai dengan kebesaran yang dimilikinya. Sedangkan dalam artian perkata “Asma” berarti nama dan “husna” berarti yang baik atau yang indah, jadi asmaul husna adalah nama nama milik ALLAH SWT yang baik dan indah.

Bacaan asmaul husna sendiri berjumlah 99 dan kesemuanya memiliki makna dan arti yang indah serta sebagai bukti akan kebesaran ALLAH SWT. ALLAH SWT juga telah menjelaskan mengenai teks asmaul husna dalam beberapa firmannya di Al Qur’an. berikut dibawah ini dalil dan hadist Nabi mengenai asmaul husna. Baca juga : mukjizat Nabi Muhammad SAW Dalil Tentang Asmaul Husna Ada beberapa dalil yang menjelaskan mengenai bacaan asmaul husna ini baik dalam kitab suci Al-Quran mapun hadits Nabi Muhammad SAW, berikut ini diantaranya :

Lihat Juga :  Asrama Haji Palembang akan Jadi Tempat Wisata Religi

“Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Dia mempunyai asmaa’ul husna (nama-nama yang baik).” – (Q.S. Thaa-Haa : 8) Katakanlah: “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaa’ul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam salatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu” – (Q.S Al-Israa’: 110) “Allah mempunyai asmaul husna, maka bermohonlah kepadaNya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-namaNya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan”. (QS. Al-A’raaf : 180)

 

 

“Dia telah mengajari Adam seluruh nama” (Q.S Al-Baqarah:31) Dari Abu Hurairah r.a. ia berkata Nabi Muhammad Saw bersabda: “Sesungguhnya Allah Swt mempunyai 99 nama, yaitu seratus kurang satu, barangsiapa menghitungnya (menghafal seluruhnya) masuklah ia kedalam surga” (HR. Bukhari). Dari dalil dalil diatas, maka jelaslah bahwa ALLAH SWT memiliki nama nama yang baik yang berjumlah 99 nama. Nah, kita sebagai umat muslim tentu sudah selayaknya menghafal ke 99 nama asmaul husna dan menjadikannya sebagai dzikir setiap harinya agar mendapatkan pahala lebih dari ALLAH SWT.

Lihat Juga :  Ini Syarat ODP yang Dirawat di Rumah Sehat di Wisma Atlet Palembang

Asmaul husna ini memiliki berbagai khasiat dan manfaat yang luar biasa jika dibaca dan diamalkan secara teratur. Diantaranya bisa menjadi pengampun dosa dosa, memperlancar datangnya rezeki, dapat mengendalikan hawa nafsu dan tentunya yang paling penting adalah ridho dari ALLAH SWT.

Cara pengamalannya bisa digunakan sebagai dzikir dan wirid harian serta bisa juga dibaca saat berdoa. 99 Asmaul Husna Beserta Artinya Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini tabel 99 asmaul husna lengkap dalam tulisan arab, teks latin dan terjemahan bahasa Indonesianya. (fiqihmuslim.com)

 

 

 

 

 

Back to top button