NASIONAL

Kalender Islam akan Segera Diwujudkan Kemenag Tahun ini

JAKARTA, AsSAJIDIN.COM — Menteri Lukman Hakim Saifuddin berharap kalender Islam atau kalender Hijriah permanen bisaa diwujudkan tahun 2018 ini. Hal ini disampaikan Lukman saat konferensi pers beberapa waktu lalu.

“Tadi Pak Ali Taher selaku ketua (Komisi VIII DPR menekankan hal ini. Mudah-mudahan tahun ini kita dapat wujudkan (kalender Islam). Tentu dengan dukungan ormas-ormas Islam dan MUI,” ujar Lukman seperti dikutip dari republika.co.id.

Lukman menuturkan, sejak tahun lalu, Kemenag telah berupaya untuk mewujudkan aspirasi dari umat Islam tersebut. Menurut dia, Kemenag terus melakukan konsolidasi untuk melahirkan rumusan yang mampu menyamakan persepsi dalam penyatuan kalender Islam secara global.

Lihat Juga :  Tips Pilih Vendor Pernikahan agar Ga Kena Tipu

Konsolidasi dilakukan dengan sejumlah ahli pakar astronomi, ilmu falak, ulama, dan pimpinan ormas Islam.

Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher berhatap agar pemerintah menyusun kalender Islam atau kalender hijriah permanen. Dengan demikian, umat Islam seluruh dunia bisa terus melaksanakan ibadah puasa bersama-bersama dan bisa menentukan hari besar umat Islam lainnya.

Dia menambahkan, DPR akan terus memantau dan sekaligus mendorong pemerintah untuk menyusun Kalender Islam itu. “Agar kebersamaan terus berjalan seperti yang kita harapkan,” kata Ali.(*)

Back to top button