Berita TerkiniPolitik

Jokowi Masuk Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia versi RISSC

AsSAJIDIN.COM — Presiden H Joko Widodo kembali masuk ke dalam daftar orang muslim paling berpengaruh di dunia pada urutan 16 dari 500 tokoh.

The Muslim 500 kembali menempatkan Presiden Jokowi sebagai salah satu muslim paling berpengaruh di dunia. The Muslim 500 adalah sebuah survei tahunan yang mencantumkan 500 sosok muslim paling berpengaruh di dunia.

Presiden Jokowi berada di urutan ke-16 dari 500 tokoh muslim dunia. Dalam publikasinya, para editor survei ini mengutip ucapan Jokowi yang menyatakan bahwa “keberagaman selalu menjadi bagian dari DNA Indonesia. Meskipun banyak tantangan, Islam di Indonesia selalu menjadi kekuatan yang moderat”.

Selain Presiden Jokowi, ada dua nama lain dari Indonesia yang masuk Top 50. Yaitu Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di peringkat ke-22 dan ulama karismatik Habib Luthfi bin Yahya di peringkat ke-41 . Sementara, mantan Ketua PP Muhammadiyah H Din Syamsuddin masuk Honourable Mentions.

Lihat Juga :  Ahli Hukum : Pembakaran Bendera Tauhid Melanggar Hukum

Penyelenggara survei ini adalah The Royal Islamic Strategic Studies Centre yang berkedudukan di Amman, Jordania. Dalam menentukan tokoh yang berpengaruh, digabungkan kombinasi matriks sosial, opini publik, dan pendapat para ahli.

Penghargaan dirilis oleh the Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC). Dalam penghargaan the Muslim 500: The Wolrd’s 500 Most Influential disebut bagaimana pengaruh Jokowi, sebagai pemimpin 252 juta penduduk.

Menurut tulisan itu, presiden Jokowi mengalokasikan 22 miliar dolar AS untuk sektor infrastruktur pada 2016 dan ini merupakan alokasi terbesar dalam sejarah penganggaran di Indonesia. Jokowi juga dinilai akrab dengan budaya blusukan.

(*/sumber: republika.co.id)

Tags

Berita Terkait

Close