Uncategorized

6 Hal ini Bikin “Kantong Bocor”, Waspadalah-waspadalah…

 

AsSAJIDIN.COM —  Imam Masjidil Haram Almakki dalam khutbahnya mengatakan:  Hati-hati dengan kantong yang bocor.  Sesuai namanya kantong bocor, artinya kantong yang bocor. Apa yang kita simpan di dalam kantong itu akan keluar dengan sendirinya karena bocor. Begitulah kira-kira gambaran sederhananya.

Hidup kita, dihantui dengan kantong bocor, sadar atau tanpa sadar. Karena itu waspadalah, waspadalah, agar apa yang kita simpan, kita amalkan tidak menjadi sia-sia. Berikut beberapa kantong bocor yang mungkin saja akan terjadi pada kita.

1.  Engkau telah berwudhu dengan sebaik-baik wudhu akan tetapi engkau boros memakai air, (itu sama dengan) kantong bocor

Lihat Juga :  4 Makna Kaya dalam Ayat Pernikahan

2. Engkau bersedekah kepada fakir miskin kemudian, engkau menghina dan menyulitkan mereka, (itu seperti)
kantong bocor

3. Engkau sholat malam hari, puasa di siang hari, dan mentaati tuhanmu, tapi engkau memutuskan (tali) silaturrahmi, (jelas itu adalah) kantong bocor.

4. Engkau sabar dengan haus dan lapar, tapi engkau menghina dan mencaci, (sama dengan)
kantong bocor

5. Engkau memakai baju kerudung dan kebaya, tapi minyak Wangi menyengat, (itu)
kantong bocor.

6. Engkau memuliakan tamumu dan berbuat baik kepadanya, tapi setelah dia pergi engkau menggunjingkanya, (sungguh itu)  kantong bocor.

Lihat Juga :  Kata Rasulullah tentang Hakikat Sahabat Sebenarnya

Pada akhirnya engkau hanya mengumpulkan kebaikanmu dalam kantong bocor, satu sisi engkau mengumpulkan dengan susah payah kemudian engkau menjatuhkannya dengan mudah di sisi lain.  Ya Rabb, kami mohon hidayah dan ampunan atas kami dan orang-orang yang kami cintai.(*)

Back to top button