MOZAIK ISLAM

Haul Ki Marogan, ini Rangkaian Kegiatan yang akan Digelar

PALEMBANG, AsSAJIDIN.Com —  Menjelang pelaksanaan Haul Datuk KI Marogan ke 117 pada 12-15 April 2018 mendatang, berbagai persiapanan menuju semarak hari H terus dikebut.

Ketua Pelakasana Ust. Mgs. Ahmad Fauzan Yayan, SQ. mengatakan saat ini proses persiapan sudah mencapai 90 persen. Mulai dari persiapan panitia, tempat yang akan digunakan, hingga Tuan Rumah sudah fix, tinggal finishing saja,” ujarnya kepada AsSAJIDIN.COM.

Dijelaskan Yayan, untuk konsep Haul Datuk KI Marogan di tahun ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana konsep kali ini membawa background adat Palembang. “jadi Haul kali ini semuanya Ala Palembang, mulai dari cara, penampilan-penampilan, arak-arak sampai kostum yang dikenakanpun membawa unsur adat Palembang” Ujar Yayan .

Lihat Juga :  KH Nawawi Dencik Al Hafidz, Imam Sholat Idul Adha di Masjid Agung

Berbagai acara yang akan dilaksanakan diantaranya tabligh akbar, Doa dan Zikir bersama, festival Mujawadah Syarofal anam, silaturahmi antar Thariqoh se Sumsel, Tapak Tilas dakwah Kiai Marogan dan ziarah akbar ke makam Ki Marogan Dengan menempuh perjalanan kurang lebih selama 1 jam menggunakan transportasi sungai dengan kapal Tongkang dari masjid Lawang Kidung ke Masjid Kiai Marogan.

Terakhir pelaksanaan puncak Haul Datuk Ki Marogan ke -117.
Terkait hal tersebut Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin merespon baik kegiatan Haul Marogan tersebut, bahkan pihaknya turut membantu untuk mensukseskan kegiatan Haul ke 117 baik berupa materil dan semua yang diperlukan untuk kesuksesan acara yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya oleh Pengurus Makam dan Zuriayat Kiai Marogan.
“ya ini sebuah acara yang sangat luar biasa ya, beliau adalah adalah ulama tesohor yang tidak hanya di kenal di Palembang dan Sumatera Selatan tetapi juga pesohornya dikenal hingga ke Dunia, dan Haul Ki Marogan ini merupakan Zuriat dari kesultanan Palembang. Kita akan bantu apapun yang diperlukan untuk kelancaran cara ini,” kata Sultan.

Lihat Juga :  Yuk Berdonasi Lewat LSP Arrisalah Peduli

Sementara itu diperkirakan di tahun ini semarak acara Haul Datuk Ki Marogan ke 117 akan dihadiri puluhan Ulama tersohor di Nusantara dan ribuan Ulama Asli Palembang. Diprediksi akan dihadiri lebih dari 10.000 orang. (*)

Penulis: Nisria Afuani Rasyid

Back to top button