Uncategorized

Sederhana, tapi inilah Masjid Satu-Satunya Kebanggaan Muslim Yokohama

JEPANG, AsSAJIDIN.COM —Muslim Yokohama kini tengah bahagia lantaran telah memiliki sebuah masjid. Meski bangunannya sederhana, masjid satu-satunya di Yokohama ini telah lama diimpikan warga Muslim setempat.

Luas masjid sekitar 200 meter persegi, berlokasi di kawasan Hayabuchi, Tsuzuki. Bangunan masjid seperti rumah pada umumnya, namun berbentuk kubus dengan tiga lantai. Amat sederhana, tanpa kubah ataupun menara.

Penanda masjid hanya dengan papan nama masjid bertuliskan Arab dan Jepang. Selain itu, hiasan seperti kubah dan ujung menara juga ditemui di atap bangunan yang didominasi warna cokelat muda itu.

Lihat Juga :  Duduk Jangan Sekedar Duduk, Kumpul Jangan Sekedar Kumpul, Sebarkan Kebaikan...

Terdapat seorang imam di Masjid Jami Yokohama. Sang imam berasal dari Myanmar dan mampu tiga bahasa, yakni Inggris, Arab, dan Jepang. Adapun pengurus masjid didominasi imigran asal Pakistan.

Beragam aktivitas pun dilaksanakan. Tak hanya shalat, tapi juga pendidikan Islam untuk anak, kajian keislaman untuk dewasa, dan acara untuk Muslimah.

Masjid Yokohama juga terkenal dapat mengumpulkan zakat, infak, dan sedekah dengan jumlah yang besar. Setiap bulan, infak mencapai 1.000 yen.

Dari pendapatan tersebut, pengurus membaginya tak hanya untuk aktivitas masjid, tapi juga untuk bantuan kemanusiaan kepada Muslimin yang tertimpa bencana di seluruh dunia. [*/SUMBER: SHABESTAN}

Back to top button