HAJI & UMROH

Indonesia-Saudi Bahas Pembenahan Kemudahan Pengurusan Visa

JAKARTA, AsSAJIDIN.COM — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Duta Besar Arab Saudi HE Osamh Mohammaed Abdullah Al Shuibi membahas sinergi penguatan sistem pelayanan haji dan umrah, Salah satunya adalah terutama soal terkait pembenahanan layanan visa.

“Kemenag dan Arab Saudi memiliki keinginan yang sama untuk memperkuat pelayanan jamaah haji dan umrah ke depan,” kata Lukman di Jakarta, belum lama ini seperti dikutip dari antaranews.com.

Dia mengatakan, Dubes Saudi menyampaikan keinginannya agar proses pemvisaan jamaah haji dan umrah bisa berjalan lebih efektif melalui layanan satu pintu. Menag menilai tawaran dari Saudi sangat positif agar pengawasan lebih efektif, efisien dan mudah.

Lihat Juga :  Jemaaah Haji, Jangan Sia-siakan Saat Wukuf Arafah

Dia mengaku setuju untuk menyinergikan kerja sama pembenahan kemudahan pengurusan visa. “Teknisnya bisa dikerjasamakan, kami setuju dan sepakat dalam pembenahan pengurusan visa ini,” kata dia.

Kemenag, menurut dia, juga secara bertahap mulai menyatukan layanan asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dalam satu pintu. Dengan demikian, semua pelayanan yang diberikan kepada masyarakat lebih mudah.

“Prinsipnya tentu pemerintah Indonesia tetap menghormati dan akan ikut aturan yang digariskan oleh Arab Saudi,” tuturnya.(*)

Back to top button