HeadlinePariwisataUtama

Promosi Wisata, Pemprov Rangkul Komunitas

PALEMBANG, AsSAJIDIN.COM –– – Apa jadinya jika Gending Sriwijaya ditampilkan dalam bentuk beat box? Inilah yang dihadirkan salah satu komunitas Beat Box Palembang dalam pengukuhan Forum Pesona Sriwijaya di Griya Agung, Sabtu (10/2).

Selain Beat Box Palembang, hadir juga dalam kesempatan tersebut ratusan anak muda yang tergabung di berbagai komunitas lainnya, diantaranya Forum Lingkar Pena (FLP) Palembang, Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Sumsel, Kompasiana Palembang (Kompal), dan lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel Irene Camelyn Sinaga menyebutkan, sedikitnya ada sekitar 80 komunitas aktif di Sumatera Selatan yang berpotensi untuk diberdayakan. Dijelaskannya, Pemprov Sumsel Dinas Pariwisata Sumsel merangkul komunitas untuk bergerak mempromosikan wisata Sumsel. Mereka bergerak dengan cinta pada daerahnya, tanpa ada anggaran khusus. Mengingat dinas juga terbatas pada anggaran.

Ruang publik dibuka untuk komunitas bereskpresi, mulai dari Sudirman Walk hingga TPKS.

“Pengukuhan forum ini pertanda mulai bergerak yang lebih intens dari setiap anggota komunitas untuk memperkenalkan destinasi wisata Sumsel,”ujarnya.

Pengukuhan Forum Pesona Sriwijaya ini disambut baik oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilman Farid yang turut hadir. Ia mengatakan, kehadiran dan kegiatan setiap komunitas ini merupakan bukti sudah dijalankanbya Undang-Undang tentang wisata.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, kemampuan pemerintah daerah umumnya terbatas, tapi Sumsel punya motivasi membangun daerah. Namun untuk membangun daerah butuh dana besar dari investor. Adapun untuk menarik investor perlu promosi daerah yang luas, tak cukup dilakukan pemerintah tapi butuh peran serta masyarakat. “Apalagi Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games, Sumsel harus diperkenalkan pada luar,”jelas dia. (*)

Penulis:  Yulia Savitri & Wilga

 

Berita Terkait

Close