Menebar Ilmu Meraih Hikmah

Orangtua Shaleh Wajib Tahu, Inilah Faktor Pembentuk Karakter Anak Generasi Z

0 14

 

PALEMBANG, AsSAJIDIN.COM – Orangtua bertanggung jawab dalam membentuk karakter anak. Namun tidak banyak orangtua tahu bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi karakter dalam pendidikan dan pengasuhan anak, terutama generasi Z (usia 6-16 tahun).

Pakar Parenting Nasional, Maimon Herawati mengatakan, anak generasi Z umumnya tidak mampu menerima pemahaman secara menyeluruh dalam satu waktu. Mereka akan fokus sedikit-sedikit pada suatu informasi yang disampaikan.

Teh Imun, sapaannya menyebutkan, tantangan di era digital saat ini adalah penggunaan gadget yang tidak terkontrol. Menurutnya mengasuh anak dengan gadget sangat bisa meracuni anak. Tak hanya gadget, film korea dengan ekspektasi romantisme yang ditawarkan sangat mempengaruhi kehidupan usia remaja ini. Terakhir, faktor besar yang mempengaruhi karakter anak adalah moto food, fashion, dan fun dalam pergaulan.

“Anak generasi Z tidak suka disama-samakan, mereka punya pemikiran berbeda, khususnya ingin mengubah dunia,”jelasnya dalam Seminar Parenting Nasional yang digelar Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah Sumsel di Hotel Majestic Palembang, Sabtu (23/12).

Untuk menghadapi anak-anak usia ini, Maimon mengingatkan, para orangtua untuk tidak banyak menuntut dan mengarahkan anak. Bila ada masalah yang tidak dimengerti anak, sebaiknya jelaskan dengan hati-hati, terutama yang berkaitan dengan sebab akibat. “Misalnya, kenapa tidak boleh meludah sembarangan, anak harus paham alasannya,”terang dia.

Sementara itu, Ketua FLP Palembang Novhita S Malihah selaku Ketua Pelaksana mengatakan, seminar parenting ini dihadiri banyak kalangan, mulai dari ibu rumah tangga hingga guru. Istimewanya, peserta datang dari Kabupaten/Kota di Sumsel. “Seminar parenting ini bagian dari rangkaian acara Milad ke-17 dan Musyawarah Wilayah ke-5 FLP Wilayah Sumsel,”ujar dia. (*)

Penulis: yulia savitri

wso shell IndoXploit shell c99 shell hacklink hacklink satış wordpress ücretsiz tema Google hacklink