BERITA TERKINIKESEHATAN

Kenali 5 Tanda Usus Buntu Anda Meradang

 

AsSAJIDIN.Com – Mempunyai penyakit usus buntu tentunya bikin seseorang merasa khawatir. Apalagi jika memasuki tahap yang cukup serius, misalnya sudah mau pecah. Operasi biasanya menjadi jalan satun-satunya mengatasi penyakit ini.

Saat seseorang divonis harus segera melakukan operasi, perasaan cemas, panik dan termasuk hal-hal yang mengerikan pun terkadang dibayangkan. Sebelum semua ketakutan itu terjadi, lebih baik Anda mencegahnya terlebih dahulu dengan mengenali gejala-gejalanya.

Sebenarnya gejala usus buntu mudah dikenali. Seperti apa?. Ini dia lima tandanya:

Perut Terasa Sangat Sakit dan Menyiksa
Ini tanda yang perlu diwaspadai. Seperti yang dikutip dari prevention.com, kalau muncul rasa sakit dari area pusar hingga ke area bawah sebelah kanan perut yang teramat menyiksa, waspada usus buntu mau pecah. Kalau terasa sakit ketika Anda berjalan, batuk, atau melewati gundukan saat naik mobil atau motor misalnya, dinding perutmu mungkin sudah meradang.

Untuk memastikan apakah masalahnya terletak pada usus buntu, mungkin Anda harus menjalani tes USG untuk mencari tahu penyebab pastinya.

Lihat Juga :  Cara Mengenal Hadits-Hadist Dhaif

Mual, Muntah, dan Tidak Berselera Makan
Jennifer Caudle, seorang dokter dan assistant professor di Rowan School of Osteopathic Medicine menjelaskan, “Inflamasi di usus buntu biasanya mempengaruhi aspek lain dari saluran pencernaan dan sistem saraf sehingga menyebabkan mual dan muntah”. Meski tak semua orang yang mengalami penyakit usus buntu merasakan gejala ini, tapi tetap perlu diwaspadai bila Anda mengalami kondisi ini ya ladies.

Sering Buang Air Kecil dan Terasa Sakit
Pada sebagian orang, usus buntu terletak di bawah panggul, jadi cukup dekat dengan kandung kemih. Ketika kandung kemih kena terkena dampak dari usus buntu yang meradang, kandung kemih bisa ikut meradang dan iritasi.

Akibatnya intensitas buang air kecil meningkat, tak hanya itu saja, saat buang air kecil pun sering terasa sakit. Cuma memang gejala yang satu ini juga bisa disebabkan oleh infeksi saluran kandung kemih. Jadi perlu juga dicek gejala lainnya.

Lihat Juga :  Adab Menurut Islam yang Harus Dilakukan pada Malam Pertama

Mengalami Demam
Demam dan tubuh menggigil menjadi tanda bahwa terjadi inflamasi atau peradangan di dalam tubuh. Saat usus buntu meradang, tubuh bisa meresponnya dengan mengalami demam atau menggigil. Bila Anda mengalami gejala ini disertai dengan rasa sakit di area perut bagian kanan, segera konsultasi ke dokter.

Mengalami Disorientasi
Kalau Anda mengalami situasi bingung dan disorientasi, ini bisa jadi tanda infeksi makin parah. Karena bisa jadi pertanda infeksinya masuk ke aliran darah yang bisa berakibat fatal. Saat infeksi makin parah dan mengeluarkan banyak sumber daya tubuh seperti oksigen, otak bisa kekurangan oksigen dan tidak bisa bekerja dengan normal. Sehingga membuat Anda jadi mengalami disorientasi.

Kenali gejala-gejalanya dengan baik. Biar nantinya Anda tidak gampang panik saat mengalaminya sehingga bisa segera mengambil tindakan cepat agar terhindar dari dampak yang paling fatal. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan Anda. (*/sumber: Vemale.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close