Uncategorized

Hukum-hukum Shalat Berjemaah, Apa Saja?

AsSAJIDIN.Com — Sholat berjemaah merupakan cara pelaksanaan ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Cara sholat ini mengandung banyak sekali pahala.

Dalil yang mendasari dianjurkannya sholat jemaah cukup banyak. Salah satunya hadis yang diketahui banyak muslim diriwayatkan Bukhari dan Muslim, Rasulullah Muhammad SAW bersabda, ” Sholat berjemaah lebih utama dua puluh tujuh derajat dibandingkan sholat sendirian.”

Di balik anjuran sholat berjamaah, ternyata ada beberapa hukum seputar sholat bersama itu. Ada ulama yang menetapkan sholat jemaah hukumnya fardlu kifayah seperti Imam An Nawawi, ada juga yang menghukumi sunah muakad seperti Imam Al Rafi’i.

Lihat Juga :  Ternyata Keluarga Wiranto Sangat-sangat Islami, Begini Kondisinya

Hasan bin Ahmad Al Kaf sendiri membuat rincian mengenai beberapa hukum sholat berjemaah berdasarkan pendapat para ulama.

Hukum pertama adalah fardlu a’in atau wajib untuk setiap orang. Hukum ini berlaku untuk sholat Jumat bagi laki-laki. Sholat Jumat tidak bisa dikerjakan sendiri-sendiri.

Hukum kedua yaitu fardlu kifayah seperti sholat wajib lima waktu dalam sehari. Kemudian sunah untuk sholat seperti Idul Fitri dan Idul Adha. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button