HeadlineMozaik IslamPendidikanUtama

Kematian Pasti Tiba, Forpess Sumsel Gelar TOT Pengurusan Jenazah

 

PALEMBANG, AsSAJIDIN.Com — Forum Pondok Pesantren Sumatera Selatan (FORPESS) mengadakan Training of Trainer Pelatihan Pengurusan Jenazah di gedung Sekretariat FORPESS Palembang, Sabtu (11/11).

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara Ketua FORPESS, Ustadz Susi Indra Wanto menyampaikan latar belakang diadakannya kegiatan pelatihan tersebut.

Foto: M Dudin — Peserta pelatihan pengurus jenazah yang digelar Forppess Sumsel

 

“Ini merupakan salah satu program tahunan FORPESS dalam menyalurkan ilmu pengetahuan keagamaan kepada masyarakat,”ucapnya.

“Kegiatan ini merupakan sebuah proses mengingat kematian, karena kematian itu pasti datang. Maka dari itu, penting bagi kita mempersiapkan diri menghadapi kematian dan sangat diperlukan pembelajaran pengurusan jenazah,” imbuhnya.

Indra juga mengungkapkan tujuan penyelenggaraan kegiatan pelatihan. “Nantinya bagi peserta setelah mengikuti acara ini selain bisa melakukan pengurusan jenazah tetapi juga mempunyai keberanian. Karena banyak orang yang bisa atau mampu tetapi tidak mempunyai keberanian mengurus jenazah,”tandasnya.

Adapun yang bertindak sebagai nara sumber pada pelatihan, Dosen UIN Raden Palembang Ustadz Mugiono, S. Ag, M. Hum. Dia menjelaskan tentang persiapan menghadapi kematian, cara memandikan jenazah, mengafani jenazah, sholat jenazah, menguburkan jenazah, dan tentang ta’ziyah.

Pelatihan tersebut akan berlangsung selama 2 hari (11-12 November 2017), yang dikuti oleh santri pondok pesantren, mahasiswa, perwakilan majelis taklim, dan ibu-ibu pengajian yang ada di kota Palembang dan sekitarnya.(*)

Penulis: M Dudin

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close