Uncategorized

Forum Lingkar Pena Sumsel Kirim 24 Orang ke Munas 4 Bandung

PALEMBANG, AsSAJIDIN.Com – Forum Lingkar Pena (FLP) Sumatera Selatan akan menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) ke-4 di Bandung, pada Jumat-Ahad (3-5/11).

Ketua FLP Sumsel Nurhidayati menyebutkan, pihaknya mengirimkan 24 pengurus dari beberapa cabang di Wilayah Sumsel, terdiri dari 17 delegasi dan 7 non delegasi. “Semua yang berangkat siap mengikuti Munas 4 di Bandung. Untuk delegasi bersidang sesuai komisinya dan non delegasi akan mendapatkan beragan pelatihan kepenulisan,”terang Ida, sapaan akrabnya.

Seperti diketahui, minat baca dan budaya literasi Bangsa Indonesia dinilai masih rendah. Padahal budaya literasi menjadikan manusia yang berpikir dan bertindak holistik. Dengan pertimbangan itu, Forum Lingkar Pena (FLP), salah satu organisasi kepenulisan terbesar di Indonesia akan mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) ke-4 yang diikuti kurang lebih 350 penulis FLP dari seluruh wilayah di Indonesia dan Luar Negeri.

Lihat Juga :  Sempat Jadi Lawan Politik, Sarimuda Katakan ini untuk Almarhum Romi Herton

“Kita bahas, Komisi A tentang AD-ART, Komisi B tentang Kaderisasi dan Komisi C tentang Bisnis. Kedepan selain memilih ketua baru dan Dewan Pertimbangan untuk 4 tahun kedepan, akan kita bahas kemandirian finansial,” kata Afifah Afra, Sekjen FLP.

Acara bertema ‘Menjaga Identitas Bangsa di Era Digital’ akan dibuka di Aula Serbaguna Balaikota Bandung, jl. Wastukencana, No. 2 Bandung tersebut berharap kiprah FLP bisa go Internasional. “Kita berharap kiprah FLP bisa mengimbangi menuju tingkat Internasional. Sementara nanti Munas akan berlangsung di Wisma PU, Jalan RE. Martadinata no 119, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung,” ungkap dia.

Lihat Juga :  Kisah Religi Almarhum Wak Gajah di Tanah Suci

Acara tersebut akan dipenuhi Worksop Menulis Skenario, Cerita Humor, Traveling, dan Puisi. Munas tersebut akan menghadirkan dengan pemateri dari penulis FLP yang telah berpengalaman seperti Sokat (Penulis Sitkom Tukang Ojek Pengkolan), Rahmadiyanty (Traveler Muslimah), Boim Lebon (Penulis Lupus Kecil), dan Irfan Hidayatullah (Dosen dan Sastrawan Muda).

“Kepada semua delegasi Sumsel untuk Munas, selamat berjuang. Untuk non delegasi, selamat menimba ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya,”ucap novelis nasional asal Palembang Azzura Dayana, yang juga tercatat sebagai anggota FLP Sumsel. (*)

Penulis: Yulia Savitri

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button