BERITA TERKINIKELUARGAKESEHATAN

Ini yang Terjadi Jika Sering Menahan Pipis

AsSAJIDIN.Com — Ada fenomena yang mengganggu orang sibuk, yakni menahan kencing. Anda tahu bahwa harus segera pergi ke toilet tapi Anda tidak melakukannya.
Entah kondisi yang sulit atau Anda terlalu malas tapi ketahuilah menahan kandung kemih untung buar kecil dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan Anda.

Lauren Streicher, MD, seorang OB / GYN dan profesor kebidanan dan ginekologi di Sekolah Kedokteran Feinberg di Northwestern University, Amerika serikat mengatakan bahwa seharusnya membuang air kecil setiap empat sampai enam jam.
“Anda seharusnya buang air kecil setiap empat hingga enam jam sekali. Jika Anda selalu menahan kencing terlalu lama, ada konsekuensinya,” ungkapnya.

Sebagaimana yang dilansir dari netdoctor.co.uk dan akurat.co, inilah yang bisa terjadi jika Anda menahan keinginan buang air kecil terlalu lama.

Lihat Juga :  Warga OKI : Maaf Pak Presiden, Kami Pulang Duluan

1. ‘Kecelakaan’
Ketika menahan keinginan buang air kecil, bagian selangkangan kaki Anda benar-benar menahan dengan ketat, dan itu akan bekerja begitu lama. “Karena kandung kemih Anda menjadi lebih penuh dan semakin penuh, ada kemungkinan Anda tidak akan sampai ke kamar mandi tepat waktu,” kata Streicher.
Bayangkan kandung kemih Anda seperti balon air yang sedang terisi, semakin lama menunda pergi ke kamar mandi, semakin besar dan beratnya. Dan otot-otot yang berkontraksi menjaga kantung kemih akan menahan tekanan begitu lama hingga akan mulai ‘bocor’.

2. Dasar pelvis melemah
Bila Anda memaksa kandung kemih Anda untuk terus-menerus membawa urin selama berjam-jam, otot di panggul Anda mulai kehilangan kekuatan. “Otot dasar panggul berkontraksi dengan cara terkoordinasi untuk membantu melepaskan kencing atau menahannya,” kata Streicher.
“Tapi jika Anda terus-menerus menahan air kencing, Anda bisa mengalami disfungsi nyata pada otot dasar panggul Anda.” Seiring waktu, itu bisa menyebabkan Anda kehilangan kontrol fungsi kandung kemih Anda.

Lihat Juga :  Debarkasi Palembang Sambut Jemaah Haji Kloter 2

3. Rasa sakit yang berlangsung lama
Jika sudah terlalu lama, Anda mungkin akan merasakan sakit. “Begitu sinyal nyeri dipicu di perut bagian bawah, rasa sakit mungkin tidak segera hilang,” kata Streicher. “Otot Anda mengepul dan akan kejang, jadi mereka tidak bisa ‘bersantai’ saja.” Dan rasa sakit itu bisa berlangsung berhari-hari.

4. Kandung kemih bisa merenggang
Seperti yang disebutkan di atas, kandung kemih Anda (untungnya) tidak akan meledak, tapi pasti akan terbentang sampai batas maksimal. Bila sudah mencapainya tubuh mungkin mulai kehilangan isyarat bahwa kandung kemih Anda perlu dikosongkan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close