Uncategorized

Dongeng Islami, Bagus Buat Anak Usia Dini, Begini Jurusnya

PALEMBANG, AsSAJIDIN.Com –– Mendongeng penting diterapkan dan dibiasakan untuk anak sejak dini. Dongeng yang dikisahkan harus sesuai dengan Al-qur’an dan Sunnah. Hal ini disampaikan Danang, pemateri workshop “SBM Berbagi Cerita, Dongeng Anak Sholeh” yang diadakan di SD IT Al-Furqon, Sabtu (07/10/17).

Menurut Danang, dongeng adalah metode efektif untuk membentuk karakter anak sejak dini. Karena itu dongeng disampaikan adalah dongeng berdasarkan ajaran Islam dan kisah-kisah islami.
“Dongeng itu harus dari hati agar pendengarnya bisa mendapatkan nilai-nilai positif dari dongeng yang kita sampaikan,” ujar Danang.
Danang menambahkan bahwa selama ini banyak dongeng-dongeng yang salah menyusupi pikiran anak. Hal itu mempengaruhi pola pikir dan sikap anak-anak karena tertanam sejak dini.

Lihat Juga :  Ditinggal Istri Selama-lamanya, Ustad Maulana Kaget Bercampur Bangga Dapat Laporan ini dari Tetangganya

Senada, Lisma salah satu Guru SD IT Al-Furqon mengatakan bahwa mendidik anak melalui dongeng islami sejak dini bisa menguatkan mental anak dan bersikap Islami.
“Kalau anak kita didongengi dengan dongeng Kancil, bisa membuat anak kita mudah berbohong dan licik dalam mencapai sesuatu, tapi kalau diceritakan kisah-kisah nabi dan rasul, si anak pun semakin kuat pendiriannya terhadap Islam,” tuturnya.

Terpisah, ketua pelaksana kegiatan Rudiansyah berharap kegiatan mendongeng islami lebih digiatkan lagi oleh orang tua terhadap anak-anaknya.
“Mendongeng itu penting, tapi harus sesuai ajaran Islam agar anak-anak terfilter dari perilaku menyimpang dan tidak baik,” tutupnya.(*)

Lihat Juga :  Indahnya Bunga Tabebuya atau Sakura Indonesia, Sedang Mekar di Palembang

Penulis: Lusi Harianti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button