Uncategorized

Harno: KB Bukan Sekadar Dua Anak, Maknanya Luas

AsSAJIDIN.Com — Walikota Palembang, Harnojoyo mengungkapkan fungsi keluarga dalam keluarga berencana (KB) sudah sesuai dengan program Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang yakni Palembang Emas. Hal ini diungkapkannya usai kegiatan gotong-royong bersama masyarakat di Kelurahan Kalidoni, Minggu (17/9).

“Makna KB itu bukan hanya dua anak cukup, tapi memiliki makna yang luas. Dimana dalam membangun rumah tangga, kita semua haruslah benar-benar terencana. Disamping itu, fungsi keluarga dalam program KB ini sudah sesuai dengan program Pemkot yakni Palembang Emas,” katanya.

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-24, berbagai kegiatan dilaksanakan, diawali dengan penanaman pohon yang dilakukan langsung secara simbolis oleh Walikota Palembang, Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kapolsek Kalidoni, Camat Kalidoni, serta jajaran Pemerintah Kota Palembang, dilanjutkan dengan gotong royong membersihkan saluran air kelapa gading.

Lihat Juga :  Perlu Libatkan Pondok Pesantren untuk Majukan Ekonomi Syariah

Selain itu, dalam kesempatan gotong royong ini juga disediakan pelayanan cek IVA (Inti Vagina Anda) untuk ibu-ibu sebagai langkah deteksi dini kanker serviks. Ada juga pelayanan kesehatan, pelayanan pembuatan KTP, KK, pelayanan perizinan, serta pelayanan BPJS.

Lebih lanjut tambah Harnojoyo, fungsi KB ini ada 8 fungsi, diantaranya fungsi keagamaan, fungsi pelestarian lingkungan, fungsi ekonomi, fungsi sosial budaya, fungsi keamanan, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, dan pendidikan.

“Jadi, semua fungsi itu harus dijalankan dalam rumah tangga, ini juga sudah kita jalankan dalam program Palembang Emas, seperti fungsi keagamaan, kita laksanakan safari subuh, fungsi pelestarian lingkungan kita laksanakan gotong royong. Jika kita jalankan program Palembang Emas ini, kita juga telah menjalankan fungsi keluarga berencana,” tuturnya.(*)

Lihat Juga :  Harno Kukuhkan Asosiasi Pengusaha Pempek dan Paguyuban Kuda Lumping se-Palembang

Penulis: Ria Amalia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button