HAJI & UMROH

Lempar Jumrah Lancar, Jemaah Haji Mulai Lakukan Tawaf dan Sai

MEKKAH, AsSAJIDIN.COm – Pada awal prosesi melempar junrah, banyak jemaah haji Indonesia tumbang. Titik kritis itu telah terlewati. Ritual melempar jumrah hari ini, Sabtu (2/9/2017), lancar.

Sesuai jadwal, jemaah haji Indonesia melempar jumrah pertama pada Jumat (1/9). Mereka bergerak secara bergelombang sejak siang. Sejumlah jemaah tumbang di terowongan Mina. Bahkan sebelum mereka melempar jumrah.

Tidak sedikit jemaah digendong petugas haji karena tidak ada kursi roda. Mobil atau ambulans dilarang masuk. Petugas haji dari unsur Perlindungan Jemaah (linjam), tim medis, hingga Media Center Haji (MCH) bolak-balik mengangkut jemaah dengan atau tanpa alat. Ada juga yang menggunakan kain ihram.

Lempar jumrah pertama merupakan titik kritis proses ibadah haji. Hampir semua jemaah ingin melakukan karena penasaran dengan jamarat, simbol tempat setan. Sering kali mereka tak memperhatikan kondisi tubuh. Padahal jalan menuju ke jamarat cukup jauh, melewati beberapa terowongan yang menembus gunung batu.

Lihat Juga :  Jangan Bangga dengang Gelar Haji, tapi Banggalah Bila Meraih ini dari Allah

Insiden jemaah tumbang tak terjadi pada prosesi melempar jumrah kedua. “Alhamdulillah hari ini lancar. Jemaah patuh jadwal melempar jumrah,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin usai mengecek Klinik Kesehatan Haji Indonesia di Mina, Sabtu (2/9/2017) malam dikutip dari detik.com.

Lukman mengatakan, saat ini ada 18-20 jemaah yang dirawat di KKHI. Sementara kapasitas klinik 40 bed. “Semua tertangani dengan baik,” jelas Lukman.

Prosesi melempar jumrah dilakukan 3 kali dan akan berakhir, Minggu (3/9). Selanjutnya jemaah akan melaksakan tawaf dan sai di Masjidil Haram, mulai hari Senin ini. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close