MOZAIK ISLAM

Mengikis Penyakit Hati

AsSAJIDIN.COM –Terkadang, penyakit hati adalah kita terlalu sibuk mengomentari orang lain. Melihat orang lain yang memiliki ini itu, tetapi diri tak ingin dikomentari, dan akibatnya pun enggan bersyukur atas apa yang dimiliki, serta sering menyebarkan aib orang lain.

Berkata Umar bin Al Khaththab radhiyallahu ‘anhu :
” hendaklah kalian menghisab diri kalian sebelum kalian dihisab, dan hendaklah kalian menimbang diri kalian sebelum kalian ditimbang, dan bersiap-siaplah untuk hari besar ditampakkannya amal “.
(Tafsir Al-Qur’an Al ‘Azhim, 7 : 235)

Karenanya kita harus bermuhasabah pada diri kita, latih diri kita sendiri, hisablah diri kita sendiri dan intropeksi pada hidup kita sendiri, sehingga kita tidak punya cukup waktu untuk mengusik dan mengomentari hidup orang lain, dan lebih banyak menggunakan waktu untuk menghitung kesalahan diri sendiri. Sebagai bahan intropeksi, semakin belajar menjadi manusia yang terbaik, terutama dihadapan Allah karena engkau tak akan bisa menipu Allah.

Lihat Juga :  Subhanallah, Ada Masjid Salju di Jepang, Bikin Wisatawan Muslim Terpikat

Jika engkau tak ingin dikomentari, dan tak ingin orang lain menyebarkan aibmu, maka berhentilah mencari tau, tutuplah aib-aib saudaramu, dan perlakukanlah orang lain dengan apa yang kau suka orang lain perlakukan kepadamu, komentarilah orang lain dengan komentar yang kau suka dikomentarkan kepadamu, katakanlah pada orang lain dengan perkataan yang kau suka orang lain katakan kepadamu.(*/sumber :FB Ismail)

Back to top button