MOZAIK ISLAM

Ucapkan Taqobbalallahu Minna Wa Minkum Saat Hari Raya Idul Fitri

AsSAJIDIN.COM —   Hari Raya Idul Fitri selalu menjadi hari bahagia dan suka cita umat muslim di dunia. Setelah berpuasa penuh selama satu bulan, umat Islam diberi kesempatan untuk merayakan kemenangan. Kemenangan melawan hawa nafsu, kemenangan melaksanakan ibadah dan segala tempaan selama Ramadhan.

Dalam merayakan Idul Fitri terdapat sejumlah tuntunan dan sunah yang diajarkan. Salah satunya perihal pengucapan selamat Idul Fitri.

Mengutip dari sejumlah sumber, dalam berbagai riwayat disebutkan para sahabat Nabi biasa mengucapkan selamat hari raya kepada sesama dengan ucapan “Taqobbalallahu minna wa minkum” yang artinya  “Semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian.”

Lihat Juga :  Kapan Rasulullah SAW Melakukan Sholat Idul Fitri Pertama Kali?

Al Hafiz Ibnu Hajar mengatakan, “Dari Jubair bin Nufair; beliau mengatakan, ‘Dahulu apabila para sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam saling bertemu pada hari raya, mereka saling mengucapkan, ‘Taqabbalallahu minna wa minkum’.” (Sanadnya hasan; Kitab Fathul Bari, 2:446).

Imam Ahmad rahimahullah berkata, “Tidak mengapa (artinya: boleh-boleh saja) satu sama lain di hari raya Ied mengucapkan: Taqobbalallahu minna wa minka.”

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menjelaskan, “Adapun tentang ucapan selamat ketika hari Ied seperti sebagian orang mengatakan pada yang lainnya ketika berjumpa setelah Sholat Id, “Taqobbalallahu minna wa minkum wa ahaalallahu ‘alaika” dan semacamnya, maka seperti ini telah diriwayatkan oleh beberapa sahabat Nabi.

Lihat Juga :  Ustad Syafiq Riza Basalamah : Begini Ucapan Idul Fitri Sesuai Sunnah

Mereka biasa mengucapkan semacam itu dan para imam juga memberikan keringanan dalam melakukan hal ini sebagaimana Imam Ahmad dan lainnya. Akan tetapi, Imam Ahmad mengatakan, “Aku tidak mau mendahului mengucapkan selamat hari raya pada seorang pun. Namun kalau ada yang mengucapkan selamat padaku, aku akan membalasnya dengan ucapan yang sama.” (*/sumber: okezone)

Back to top button