INTERNASIONAL

Saksi Bisu Perjalanan Rasul, Masjid inipun Dinamai Masjid Tulang

AsSAJIDIN.COM – Masjid Al-Izam atau Masjid Tulang, merupakan salah satu masjid bersejarah di Al-Ula, Arab Saudi, yang terletak 300 kilometer, sebelah utara Madinah.

Pada 9 Hijriah, Nabi Muhammad SAW sedang dalam perjalanan berperang. Dia kemudian menandai kiblat menggunakan tulang karena tidak dapat menemukan batu atau balok.

Sebagai penanda peristiwa itu, penduduk sekitar, akhirnya membangun masjid bernama Masjid Al-Izam. Dalam pembangunannya, masjid ini menggunakan batu dan lumpur untuk menutupi dindingnya.

Meski begitu, masjid itu telah mengalami beberapa kali restorasi.

” Sebutan masjid dapat ditemukan di banyak sumber ilmiah terkenal,” kata seorang peneliti di otoritas pembangunan Madinah, Abdullah Kaber, dikutip dari Arab News, Jumat, 25 Mei 2018.

Lihat Juga :  Destinasi Wisata UEA (3) : Aduhai Elok dan Cantiknya Taman Bunga Miracle Garden Dubai

Masjid Al-Izam atau Masjid Tulang

Kaber mengatakan, Masjid Al-Izam telah menarik perhatian Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz. Sebab, Raja Salman ingin pemulihan sejumlah masjid bersejarah di seluruh Kerajaan Arab Saudi.

Komisi untuk Pariwisata dan Warisan Nasional Arab Saudi (SCTH) berencana untuk mengembangkan pariwisata di Al-Ula, karena menyimpan banyak situs dan peninggalan bersejarah. (*/sumber:dream.co.id)

Back to top button