SYARIAH

Doa Hari Pertama Ramadhan, Makna dan Hikmahnya

AsSAJIDIN.COM — Marhaban ya Ramadhan. Alhamdulillah, hari ini 3 April 2022 merupakan hari pertama di bulan Ramadhan. Di hari pertama bulan Ramadhan kita membaca:

اللَّهُمَّ اجْعَلْ صِيَامِى فِيهِ صِيَامَ الصَّائِمِينَ وَ قِيَامِى فِيهِ قِيَامَ الْقَائِمِينَ وَ نَبِّهْنِى فِيهِ عَنْ نَوْمَةِ الْغَافِلِينَ وَ هَبْ لِى جُرْمِى فِيهِ يَا إِلَهَ الْعَالَمِينَ وَ اعْفُ عَنِّى يَا عَافِيا عَنِ الْمُجْرِمِينَ.

Allhumaj’al Shiyaami Fiihi Shiyaama al-Shaaimin wa Qiyaami Fiihi Qiyaama al-Qaaimina wa Nabbihni Fiihi an Naumatil Ghafiliin wa Habli Jurmi Fiihi Yaa Ilaaha al-‘Alamiina wa’fu’anni Yaa Afian anilmujrimin

Lihat Juga :  Doamu kepada Allah dan Pengamen

Ya Allah! Jadikanlah puasaku, puasa orang benar-benar berpuasa. Dan ibadah malamku ibadah orang benar-benar mengerjakan ibadah. Dan jagalah aku dari tidurnya orang yang lalai. Hapuskanlah dosaku wahai Tuhan sekalian alam. Dan ampunilah aku wahai Tuhan Maha Pengampun dari pada segala dosa. (Klik file suara di sini)

Dalam doa hari pertama bulan Ramadhan ada empat tema penting yang dibahas; shalat hakiki, puasa hakiki, sadar dari kelalaian dan pengampunan dosa. Dan di hari pertama tentu saja kesadaran sangat penting untuk dapat meraih tujuan puncak dari puasa di bulan Ramadhan.

Lihat Juga :  One Day One Ayat : QS Nuh 10-12, Istighfar untuk Segala Keinginan

Kesadaran diri menjadi modal penting untuk memulai hari di bulan Ramadhan. Sadar bahwa kita manusia makhluk zalim, lagi lemah. Karena itu mari kita menapaki Ramadhan dengan kesadaran untuk meraih takwa dan ridho Allah. Wallahualam bishawab. (*/sumber: www.hajij.com)

Back to top button