MUSLIMAH

Muslimah, Begini Cara Mengecek Kosmetik Halal

ASSAJIDIN.COM — Produk halal menjadi keharusan atau syarat wajib dari makanan, minuman atau produk apapun yang dikonsumsi seorang muslim dan muslimah.

Bagi wanita, kosmetik merupakan bagian tak terpisahkan dari penampilan. Pemakaian kosmetik untuk make-up seolah menjadi kebutuhan khusus yang menjadi gaya hidup bagi sebagian wanita. Wanita muslim atau muslimah pun tak jarang ada yang membutuhkannya.

Namun, sebagai muslimah, penggunaan kosmetik ini perlu diteliti terlebih dahulu. Jangan sampai kosmetik yang digunakan ternyata mengandung bahan yang tidak halal.

Bagaimana caranya memilih produk kosmetik yang halal di pasaran?

Make up Artis (MUA) Mira Agile yang concern memilih makeup halal, mengungkapkan sebuah jawaban akan permasalahan tersebut. MUA yang juga sibuk jadi beauty influencer tersebut tak pelit membagikan tips memilih produk makeup yang halal.

Lihat Juga :  Agar Suami tak Selingkuh, Para Isteri Harus Lakukan Ini

Begini csri paling gampang dan bisa dilakukan kapan saja.

Dimulai dari cek kemasan label, teruji klinis, hingga keluar izin BPOM.

“Untuk pastikan halal atau tidak, sebenarnya lihat dari kandungannya. Karena kalau label halal saja sebenarnya tidak menjamin. Saya kalau dapat produk makeup, lihat kemasannya. Keuntungannya tidak cuma dapat halalnya, tapi bisa cek alergen,” ucap Mira seperti dikutip dari okezone.com.

Halal yang dimaksud ternyata tidak hanya dilihat dari bahan kandungan babi. Ada beberapa jenis bahan kimia bahkan tak dianjurkan dalam Islam.

Lihat Juga :  Muhasabah Diri Seorang Muslimah Menuju Akhlak Mulia

Selain itu, saat membeli produk kosmetik, yang paling penting periksa lah izin edar dari BPOM. Ketika tidak tertera kode izinnya, maka produk tersebut perlu diwaspadai.

“Menjalani hidup harus teliti dari mulai pakai produk halal, termasuk kosmetik. Karena banyak orang kesannya enggak tahu (halal atau tidak), jadi ya tidak apa-apa. Padahal bisa saja itu menghalangi Wudu atau aktivitas yang lain,” tuturnya.

Spokesperson sebuah produk kecantikan ternama di Indonesia ini menambahkan, penggunaan makeup halal sebenarnya banyak untungnya. Biasanya look makeup tidak terlalu menor atau cenderung lebih kalem. Produk kosmetik halal itu juga dijamin aman dan menyehatkan kulit. [“]

Back to top button