KELUARGA

One Day One Hadist: Menikah Menjaga Pandangan Mata

ASSAJIDIN.COM — Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ”Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kalian yang mampu untuk menikah, maka menikahlah.Karena menikah itu lebih dapat menahan pandangan dan lebih memelihara kemaluan” (HR. Bukhari no. 5065 dan Muslim no. 1400).

Dengan keimanan dan rasa takut dalam hatinya, seseorang bisa saja menahan pandangan matanya dari yang haram. Akan tetapi, dalam hadits ini Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyatakan bahwa dengan menikah, seseorang akan lebih dapat menjaga pandangannya dan memelihara kemaluannya. Karena dia bisa menyalurkan syahwatnya kepada sesuatu yang halal, yaitu istrinya.

Lihat Juga :  One Day One Hadist: Empat Karakteristik Perempuan yang Dirindukan Surga

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, ”Sesungguhnya wanita itu maju dalam rupa setan dan membelakang dalam rupa setan. Jika salah seorang dari kalian melihat wanita yang mengagumkannya, maka datangilah istrinya. Karena hal itu menghilangkan apa yang terdapat dalam dirinya.” (HR. Muslim no. 1403)

Hal ini karena pandangan mata bisa membangkitkan kekuatan birahi, sehingga beliau memerintahkan untuk mengurangi kekuatan itu dengan cara mendatangi istri. (*/Sumber: kajiansunnah)

Back to top button