KELUARGA

Bersyukur tak Cukup Pandai Mengucap Alhamdulillah, Lalu Bagaimana?

ASSAJIDIN.COM — Bersyukur adalah salah satu kewajiban umat muslim dalam menjalani hidup di dunia. Bagaimana bentuk besyukur yang tepat? Cukupkah hanya dengan mengucap alhamdulillah?

Ternyata tidak. Bersyukur dengan cara yang tepat, bukan hanya pandai mengucapkan alhamdulillah. Sudah semestinya, syukur itu diwujudkan dalam amalan dan perbuatan.

Buktikan rasa syukur kita kepada Allah dengan berbuat. Berbuat yang bagaimana?

Ibnul Qayyim mengatakan

“Syukur itu dengan hati, dengan tunduk dan merasa tenang. Syukur itu dengan lisan, dengan memuji dan mengakui. Syukur itu dengan anggota badan, yaitu dengan taat dan patuh pada Allah.”

Lihat Juga :  Amalan-amalan yang Bisa Kita Lakukan Ketika Idul Fitri

Bersyukur masih bisa makan dan minum dengan cukup, maka bentuk syukurnya adalah membantu mencukupi makan minum orang, bisa kerabat, tetangga dekat yang susah agar mereka cukup makan dan minum.

Bersyukur diberi kesehatan, bentuk syukurnya bisa dengan membantu orang yang aakit bila tidak ada biaya, atau menjenguknya saat sakit.

Ya, intinya bersyukur diwujudkan dengan amalan dan perilaku/akhlak yang baik.

Alhamdulillah tidak terasa pagi ini kita memasuki pertengahan Syiam Ramadhan.

Rasa syukur kita masih dapat bangun pagi, kita manfaat Ramadhan dengan amalan yang seoptimal mungkin semoga dalam suasana yang penuh keprihatinan ini kita terus memohonkan ampunan & perlindungan diberi umur yang panjang, Sehat, Barokah dan keselamatan serta bertambahnya ketaatan kepada Allah
Dan semoga kita serta Negara dan Bangsa Indonesia dijauhkan dari segala Musibah dan Bencana. Aamiin Ya Mujibassa’ilin. (*)

Back to top button