NASIONAL

Diprotes Peserta karena Skor Passing Grade Terlalu Tinggi, Pengumuman Seleksi PPPK Guru Honor Ditunda

AsSAJIDIN.COM — Dirjen Pendidikan dan Tenaga Pendidik Kementrian Pendidikan RI menunda pengumuman hasil seleksi I Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bagi guru honor hingga waktu tidak ditentukan.

Penundaan pengumuman karena muncul protes dari para peserta karena standar passing grade yang terlalu tinggi.

Pengumuman semestinya Jumat (25/9) hari ini. Pada pukul 12.00 WIb, terbit surat penundaan pengumunan hasil seleksi PPPK yang ditandatangani langsung Dirjen Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan.

Dalam surat tertulis bahwa pengumuman seleksi ditunda hingga waktu tidak ditentukan dan jadwal pengumuman hasil seleksi mendatang bisa dilihat melalui website https://gurupppk.kemdikbud.go.id

Menanggapi itu, Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Sumsel, Emzen SPd, MM mengatakan, sudah menerima surat penundaan tersebut. Bahkan, pihaknya bahkan sudah meneruskan informasi itu kepada 10.800 guru honorer tingkat SMA dan SMK se-Sumsel yang ikut kompetensi PPPK.

Lihat Juga :  Viral Wanita "Palak" Turis Asing di Museum SMB II Saat Asyik Berfoto, Netizen: Bikin Malu Palembang

“Sudah ada surat resminya dari pusat dan sudah kita teruskan infonya kepada seluruh guru honor yang ikut seleksi PPPK. Kita berharap guru honor tetap tenang menunggu intruksi lanjutan,” katanya saat dihubungi, Jumat (25/9/2021).

Emzen menuturkan, Pemerintah pusat pasti punya formulasi yang sudah terukur untuk guru honor agar bisa diangkat menjadi CPNS.”Yang penting semuanya sudah ikut seleksi, tunggu saja hasil terbaik dari pemerintah pusat,” ucapnya.

Lebih lanjut, Emzen mengungkpkan, Disdik Sumsel hanya sebagai fasilisator diantaranya penyedia tempat tes saja. Untuk teknis pelaksanaan, materi tes hingga proses penilaian menjadi wewenang Kementrian Pendidikan bekerjasama dengan BKN.

Lihat Juga :  4.477 Guru Honorer Diusulkan Jadi PPPK

“Peserta seleksi, semuanya diambil dari sistem Dapodik, proses seleksi dari Kementrian Pendidikan dan BKN RI sebagai pengelola dan panitia dan semua tes dilakukan secara komputerisasi. Kita imbau kepada semua guru honor agar tetap tenang dan sabar menunggu,” paparnya.

Emzen menjelaskan, guru honor di Sumsel yang mengikuti seleksi PPPK sebanyak 10.800 guru honorer dengan ketersediaan kuota 7.400 guru.

“Tidak lulus tahap I ini kan bisa ikut tes tahap II hingga tahap III hingga Desember, nanti. Rentang waktu masih panjang dan kesempatan menjadi CPNS masih terbuka, ” tandasnya. (Yanti)

Back to top button