SYARIAH

Agar Puasa Senin-Kamis Rutin dan Terasa Ringan Diamalkan

AsSAJIDIN.COM — Usai menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan sekarang masih tahapan puasa Syawal, aktivitas puasa sunnah tetap bisa kita lakukan. Salah satunya puasa Senin-Kamis.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739)

Kendati dianjurkan, tak sedikit muslim yang masih merasa berat menajalankan puasa sunnah Senin-Kamis ini. Padahal, bukan berarti muslim yang tidak menjalankannya itu abai. Mungkin saja niat untuk berpuasa sunnah itu ada, namun belum terbiasa.

Nah, bagaimana caranya agar mudah dan ringan dalam menjalankan puasa sunnah Senin-Kamis ini? Berikut ini tipsnya:

Sungguh-sungguh dalam niat
Semua tergantung niat. Jika benar-benar niat berpuasa, apapun godaannya Anda akan tahan sampai waktu berbuka. Sesuatu yang tidak dijalankan dengan sungguh-sungguh, pasti tidak akan berjalan dengan baik dan hasilnya pun tidak akan maksimal.

Lihat Juga :  Iringi Puasa Sunnah Senin-Kamis dengan Ibadah ini Agar Barokah

Demikian pula puasa sunah, jika tidak diiringi dengan kesungguhan maka akan merasa sulit. Adapun niat berpuasa saat Senin dan Kamis.

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى

Artinya : Saya niat puasa hari Senin, sunah karena Allah ta’ala.

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى

Artinya : Saya niat puasa hari Kamis, sunah karena Allah ta’ala.

Mengajak orang-orang terdekat
Menjalani puasa Senin-Kamis akan terasa lebih berat dibandingkan puasa Ramadhan. Hal ini karena tidak semua muslim melakukan ibadah puasa sunah seperti ini.

Mengajak orang terdekat seperti keluarga, saudara, atau teman untuk ikut berpuasa sunah bisa membantu agar lebih termotivasi. Selain itu ada juga pahala lebih karena telah mengajak orang lain berbuat kebaikan.

Sahur
Makan sahur merupakan salah satu sunnah puasa yang jika dilakukan akan mendapat pahala dan keberkahan. Jangan lewatkan sahur jika anda memiliki aktivitas yang bertumpuk dan beragam. Bersahurlah agar tubuh tidak lemas seharian. Siapkan menu sahur bergizi yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein tinggi.

Lihat Juga :  Puasa Sunnah karena Allah Swt

Minumlah air putih 2-4-2
Tidak sedikit orang bilang bahwa hal yang paling susah ditahan saat berpuasa adalah rasa haus dan dehidrasi. Untuk mengantisipasi hal ini, cobalah minum air putih 8 gelas sehari. Agar tidak merasa kembung, minumlah dengan pola 242. Yaitu konsumsi air putih 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat akan tidur malam, dan 2 gelas lagi saat sahur.

Untuk Meraih Takwa

Saat seseorang mengetahui manfaat dan hasil yang didapat dari sesuatu yang ia lakukan, maka ia akan melakukan hal tersebut dengan semangat dan tak mudah menyerah. Demikian juga tujuan akhir dari puasa yakni meraih takwa. Itulah sebaik-baik tujuan dari apa yang kita lakukan dalam beribadah. [8/sumber: OKEZONE]

Back to top button