KELUARGA

Tips dan Trik Mancing Ikan Gabus Bagi Pemula

ASSAJIDIN.COM – Banyak orang tak mengetahui bahwa memancing merupakan aktivitas untuk mengisi waktu luang yang menyenangkan. Ada kepuasan sendiri bagi pemancing Ketika mendapatkan hasil tangkapannya.

Namun, lain halnya bagi pemula. Memancing biasanya menjadi hal yang tak mudah dibayangkan. Ada beberapa hal yang dibutuhkan ketika hendak pergi memancing, mulai dari peralatan yang dibutuhkan, umpan yang digunakan, tekhnik memancing ketika berada di lokasi pemancingan. Karena, beda lokasi maka beda pula alat dan teknik yang digunakan.

Jefriansyah, wiraswasta yang gemar memancing mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan aktivitas memancing terutama memancing ikan gabus agar mendapatkan banyak ikan.

1. Memilih lokasi pemancingan
Pemilihan lokasi sangat penting untuk memancing ikan predator ini. Lokasi yang di pilih seperti kondisi air yang dangkal dan terdapat rumput air seperti enceng gondok dan tumbuhan air lainnya. Dikarenakan ikan gabus sangat suka berada di air dangkal dan terdapat tumbuhan air untuk mencari makan.

Lihat Juga :  Resep dan Cara Membuat Telur Dadar Khas Padang, Ternyata Mudah dan tidak Ribet

2. Siapkan Umpan Memancing
Biasanya ikan gabus memangsa belalang,ikan kecil,kodok,udang dan lainnya. Akan tetapi umpan memancing gabus bisa memakai kodok, atau juga bisa umpan mainan karena ikan jenis ini sangat agresif terhadap pergerakan di atas air.

3. Lakukan Tehnik Tarik Ulur
Tehnik yang biasa di pakai untuk memancing ikan jenis predator yang satu ini adalah lemparan umpan harus di permukaan air dan di tarik perlahan untuk membuat pergerakan seolah olah umpan hidup. Ikan jenis predator ini sangat agresif terhadap pergerakan di atas permukaan air. Tehnik ini biasa di gunakan untuk memancing ikan predator jenis gabus ini.

“tak hanya perlu mengetahui tehniknya saja, Namun perlu mengenal peralatan yang cocok untuk memancing ikan gabus ini,”katanya.

Adapun peralatan yang di butuhkan yaitu,
1. joran
Joran yang di pilih untuk memancing ikan gabus harus kuat dan biasanya berbahan karbon/fiber dengan panjang 180 sampai 240cm

Lihat Juga :  Keberhasilan Rasululullah dalam Mendidik Ada pada Diri Mu'adz bin Jabal

2. reel
Reel biasanya menggunakan reel kuat dan khusus untuk menarik ikan gabus karna pada umumnya saat terkena pancing ikan gabus akan berontak dan menarik kedalam rumput air yang tentunya akan penyulitkan pemancing saat menarik nya.

3.Tali
Tali yang biasa di pakai adalah jenis P.E karena tali jenis ini sangat kuat dan tahan gesekan terhadap gigi ikan gabus yang sangat tajam.

4. Mata pancing
Mata pancing yang di gunakan biasa nya adalah jenis karbon dengan nomor 9 sampai 12 mm.

Setelah menyiapkan beberapa tips diatas, jangan lupa untuk membawa bekal camilan sembari menunggu hasil pancingan dapat.
“Tips terakhir harus sabar menunggu pancingan berhasil dimakan oleh ikan, menunggu bisa sambilan memakan bekal atau meminum kopi, dan memancing gabus bagusnya di musim kemarau agar hasil tangkapan banyak,”katanya.(*)

Penulis: tri jumartini

Back to top button