Uncategorized

Doa Witir yang Mustajab Lengkap Arab dan Arti, Berikut Keutamaan Sholat Witir

AsSAJIDIN.COM — – Sholat witir dikerjakan sebagai penutup sholat yang dikerjakan setelah selesai semua pelaksanaan sholat baik wajib maupun sunnah. Sholat witir tergolong sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Sholat witir bertujuan untuk mengganjilkan sholat yang dikerjakan. Ibadah sunnah yang satu ini merupakan sholat yang memiliki jumlah rakaat ganjil sebagai penutup sholat sunnah yang dikerjakan pada hari itu.

Doa Agar Terhindar dari Lilitan Utang, Jangan Tunda Bayar Cicilan!
Berbeda dengan sholat sunnah lainnya, Rasulullah SAW mengajarkan sholat witir dilakukan dengan jumlah rakaat yang ganjil, yakni boleh satu rakaat saja, tiga rakaat, lima rakaat, hingga maksimal 11 rakaat.

Selesai sholat witir, umat muslim dianjurkan untuk berdoa. Doa selesai sholat witir ini terdapat dua macam, yaitu doa selesai sholat witir ketika munfarid (sholat sendiri) dan doa selesai sholat witir berjamaah.

Berikut bacaan doa witir yang mustajab, dapat kamu baca setiap usai sholat witir di malam hari.

Doa Selesai Sholat Witir
Berikut bacaan doa witir yang mustajab:

أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْاَلُكَ إِيْمَانًا دَاِئمًا وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا وَنَسْأَلُكَ عَمَلًا صَالِحًا وَنَسْأَلُكَ دِيْنًا قَيِّمًا وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الْغِنَى عَنِ النَّاسِ

20 Kata-Kata Nisfu Syaban 2023, Lengkap dengan Bacaan Doa Beserta Artinya
أَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلَاتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخَشُعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا أَللهُ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allahumma innaa nas’aluka iimaanan daaimaan, wanas’aluka qalban khaasyi’an, wanas’aluka ‘ilman naafi’an, wanas’aluka yaqiinan shaadiqon, wanas’aluka ‘amalan shaalihan, wanas’aluka diinan qayyiman, wanas’aluka khairan katsiran, wanas’alukal ‘afwa wal’aafiyata, wanas’aluka tamaamal ‘aafiyati, wanas’alukasyukra ‘alal ‘aafiyati, anas’alukal ghinaa’a’aninnaasi.

Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu’anaa watadhorru’anaa wata’abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. washallallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin wa’alaa aalihi wa ashabihi ajma’iin, walhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin.

Lihat Juga :  Begini Cara Aman Berwudhu di Tempat Terbuka Bagi Wanita Berhijab

Artinya:

” Ya Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu’, kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia.

Ya Allah, Ya Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu’an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.”

Doa Witir yang Mustajab Berjamaah
Selain itu, terdapat bacaan doa witir yang mustajab ketika dibaca setelah sholat witir berjamaah. Doa ini dipimpin oleh imam sholat. Berikut bunyinya:

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ

Cara Memikat Wanita dengan Doa, Solusi Jitu untuk Meluluhkan Hatinya
سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ المَلَائِكَةِ وَالرُّوْح

Subhanal malikil qudduus (3x),

Subbuhun quddusun rabbunaa wa rabbul malaa-ikati warruuh, allahumma inni a’udzu bi ridhoka min sakhotika wa bi mu’afaatika min ‘uqubatika, wa a’udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an ‘alaika, anta kamaa atsnaita ‘ala nafsika

Artinya:

“ Maha Suci Engkau yang Maha Merajai lagi Maha Suci dari berbagai kekurangan, Maha suci lagi Quddus Tuhan kami, Tuhan para malaikat, dan malaikat Jibril, Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemarahan-Mu, dan dengan keselamatan-Mu dari hukuman-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepada-Mu, Engkau adalah sebagaimana yang Engkau sanjungkan kepada diri-Mu sendiri.

Lihat Juga :  Wajah Baru Anak Sungai Musi Bertautkan Jembatan Cantik Warna-warni

Keutamaan Mengerjakan Sholat Witir
Sholat witir memiliki keutamaan bagi para pelakunya jika rutin dikerjakan setiap hari sebagai penutup sholat. Berikut keutamaan sholat witir bagi umat muslim yang menjalankannya:

Dicintai Allah SWT
Seperti yang diketahui bahwa sholat witir biasanya berjumlah tiga rakaat. Dan Allah SWT menyukai sesuatu yang ganjil. Sholat witir adalah salah satu ibadah yang Allah sukai. Dari Ali bin Abi Thalib, mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Doa Agar Suara Merdu dan Nafas Panjang, Ketahui Juga Tips Jaga Suara Tetap Bagus
“ Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan sholat Witir, maka sholat Witirlah, wahai para ahli Quran.”

Disaksikan Para Malaikat
Sholat witir biasanya dilakukan pada penghujung malam. Di saat itulah banyak para malaikat menyaksikan dan berdoa bagi orang-orang yang sedang beribadah. Seperti yang disampaikan dalam sebuah hadist:

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Hafsh dan Abu Muawiyah dari Al Amasy dari Abu Sufyan dari Jabir ia berkata;

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “ Barangsiapa yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam, hendaklah ia melakukan witir di awal malam. Dan siapa yang berharap mampu bangun di akhir malam, hendaklah ia witir di akhir malam, karena sholat di akhir malam disaksikan (oleh para malaikat) dan hal itu adalah lebih afdlal (utama).” Abu Mu’awiyah berkata; “ Mahdlurah (dihadiri oleh para malaikat).” (HR. Muslim)

Demikian itulah penjelasan tentang doa witir yang mustajab lengkap dengan keutamaan menjalankan sholat witir. (*/sumber: dream)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button