KELUARGA

Kebiasaan Buruk Setelah Ramadhan, Ampuni Kami Ya Allah

 

Oleh: Munzir Damiri

SATU :
Terhentinya kegiatan kuliah subuh dan kultum ba’da isya, karena biasanya kuliah subuh dan kultum ba’da isya hanya dikhususkan untuk bulan Ramadhan saja.

DUA :
Malas mengerjakan shalat lima waktu, lebih-lebih lagi untuk shalat Shubuh karena ba’da Ramadhan tidak lagi punya kebiasaan makan sahur.

TIGA :
Pengurus Masjid kehilangan jama’ah, masjid mulai sepi bahkan tidak sedikit kumandang azan tidak terdengar. Parahnya lagi setelah Ramadhan, ada masjid yang hanya menjadi sarang kotoran hewan (cicak, dll)

EMPAT :
Shalat malam sudah enggan, padahal di bulan Ramadhan kita menjadi orang yang gemar shalat tarawih. Seharusnya lanjutkan dengan tahajjud dan witir dibulan selain ramadhan.

LIMA :
Puasa sunnah sudah tidak mau dikerjakan karena merasa cukup dengan puasa wajib di bulan Ramadhan. Padahal ciri Puasa ramadhan yang berhasil yaitu lanjut Puasa Syawal dan puasa Sunnah lainnya.

ENAM :
Al-Qur’an ditinggalkan, dengan tidak dibaca, tidak dihafalkan atau tidak direnungkan dan digali maknanya. Tadarusan tradisi baca Al-Qur’an hanya bulan ramadhan saja, sementara dibulan lain tidak dilanjutkan

TUJUH :
Lisan, mata, dan pendengaran sulit lagi dijaga. Karena perisai puasa sebagai benteng sudah dilepaskan. Akhlaq jelek kembali ke asalnya yang seharusnya dengan ramadhan akhlaqnya lebih baik.

DELAPAN :
Maksiat kembali berulang selepas Ramadhan. Kafe dan sejenis hanya libur dibulan ramadhan saja, bulan lain buka kembali, sangat disayangkan.

Lihat Juga :  Ganesha Operation (GO) Satu Visi dengan AsSajidin Grup, Siap Jalin Kerja Sama

SEMBILAN :
Makan sudah tidak teratur lagi, segala yang ada dimakan, akhirnya sakit. Makanan sehat seperti buah kurma hanya untuk bulan ramadhan saja, sementara bulan lain ditiadakan.

SEPULUH :
Makan bersama yang terjadi saat berbulan puasa dan makan sahur bersama selama Ramadhan akan jarang terjadi karena anggota rumah tangga sibuk dengan aktivitas masing masing.

SEBELAS :
Kebiasaan sodakoh selama Ramadhan dengan buka bersama, memberikan makan fakir miskin, infaq ke celengan masjid, zakat, tidak dilanjutkan pada bulan lain, enggan sedekah.

Moga kebiasaan buruk yang disebutkan tersebut dapat kita hindari. Jangan sampai amalan baik Ramadhan, malah diikuti dengan maksiat setelah itu. Harusnya setiap amal baik diikuti dengan amal baik setelah itu.

Akhirnya kami memohon kepada Allah Ta’ala agar senantiasa memberikan kita petunjuk dan taufik untuk tetap beramal shalih selepas Ramadhan ini. Moga kita terhindar dari kebiasaan jelek sebagaimana yang telah kami sebutkan di atas.

Moga amalan kita di bulan Ramadhan yaitu amalan shalat malam, membaca Al-Qur’an, bersedekah dan lainnya diterima oleh Allah. Moga kita diberi keistiqamahan serta diberi keistimewaan untuk bertemu dengan bulan Ramadhan berikutnya.

Lihat Juga :  Ingat !!! Kredit Mengatasi Masalah dengan Masalah Baru

Semoga Allah karuniakan berkah umur, sehat, sukses, bahagia, murah rezeki, Husnul khatimah dan masuk surga tanpa hisab serta didalam surga berdampingan dengan NABI MUHAMMAD Saw dan bertemu dengan Allah SWT, aamiin aamiin aamiin ya rabbal alamin.

Semoga manfaat.
Aamiin aamiin aamiin ya rabbal alamin.

Back to top button