MOZAIK ISLAM

Tiga Keistimewaan Malam Nuzulul Quran

AsSAJIDIN.COM — Sebelum kita memahami lebih dalam mengenai keistimewaan malam nuzulul qur’an , maka kita terlebih dahulu harus memahami apa itu malam nuzulul qur’an .

Pengertian Malam Nuzulul Qur’an

Secara bahasa, Nuzulul Qur’an memiliki arti turunnya Al- Qur’an . Dan secara Istilah nuzulul Qur’an memiliki arti peristiwa yang sangat penting mengenai turunnya Al- Qur’an kepada Rasulullah saw .

Jadi . Malam nuzulul qur’an secara singkat memiliki arti malam dimana Allah swt menurunkan kitab suci Al- Qur’an kepada Rasulullah saw.

Keistimewaan Malam Nuzulul Qur’an

Jika kita melihat atau merujuk dari pengertian malam nuzulul qur’an , maka dapat kita ambil kesimpulan bahwa keistimewaan dari malam nuzulul Qur’an adalah sebagai berikut :

1. Malam turunnya Al- Qur’an

Keistimewaan malam nuzulul qur’an yang pertama yaitu malam turunnya Al- Qur’an . Dan ini tidak terjadi di malam – malam yang lain , maka dari itu sudah jelas ini merupakan keistimewaan dari malam nuzulul qur’an . Al- Qur’an diturunkan bukan hanya untuk Nabi muhammad sendiri , melainkan untuk pembeda antara hak dan batil serta merupakan petunjuk bagi umat muslim .

2.Diturunkannya Wahyu yang pertama

Di malam nuzulul qur’an , Allah swt menurunkan wahyu yang pertama melalui perantara malaikat Jibril . Dan wahyu yang pertama diturunkan yaitu surah Al- ‘Alaq ayat 1- 5 . Dan tempatnya berada di gua hira’ .

Lihat Juga :  Rumah Zakat Salurkan Mesin Jahit agar Fatmawati Berdaya

3. Diangkatnya Nabi Muhammad saw menjadi utusan Allah swt dan menjadi Nabi yang terakhir

Sejak kecil memang sudah muncul ciri – ciri kenabian dalam Nabi Muhammad saw . Namun di usia 40an lah baru Allah swt secara resmi mengangkat Nabi Muhammad menjadi seorang Rasul . Dan diangkatnya beliau menjadi Nabi, terjadi pada saat wahyu yang pertama beliau terima yaitu di bulan Ramadhan tepatnya saat nuzulul qur’an .

Nabi muhammad saw juga merupakan nabi akhiruszaman , yang artinya sebagai nabi terakhir dan merupakan nabi yang membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang terang benderang seperti saat ini .

Dan kewajiban kita saat ini yaitu selain mempercayai dengan adanya peristiwa nuzulul qur’an . Tetapi kita juga harus mampu mengamalkan segala hal yang sudah di ajarkan Rasulullah saw dalam beribadah kepada Allah swt . Serta kita juga harus rajin membaca Al- Qur’an , namun juga harus memahami isinya dan harus mengamalkannya .

Di indonesia , dewasa ini setiap malam nuzulul qur’an banyak yang menjalankan khatam al- qur’an secara bersama – sama , khatam al- qur’an sendiri , bahkan ada juga yang menjalankan pengajian dengan tema nuzulul qur’an .

Lihat Juga :  Memaknai Tholabul Ilmi Faridhotun 'ala Kulli Muslimin Wa Muslimat

Hal ini merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah swt dan merupakan bentuk peringatan peristiwa yang sangat istimewa . Karena sesungguhnya peristiwa malam nuzulul qur’an merupakan peristiwa yang perlu di peringati selain istimewa , malam nuzulul qur’an juga merupakan waktu yang sangat penting bagi kita semua sebagai umat muslim .

Malam nuzulul qur’an merupakan malam turunnya petunjuk bagi umat muslim dalam menjalankan kehidupan di dunia untuk menuju kehidupan abadi yaitu kelak di akhirat .

Subhanallah . . . . begitu istimewanya peristiwa malam nuzulul qur’an . Dan ternyata malam nuzulul qur’an sangat berguna bagi seluruh umat muslim baik yang hidup di masa lalu , masa skarang atau masa yang akan datang .

Semoga dengan penjelasan di atas , kita mampu lebih khusuk lagi dalam beribadah . Serta lebih rajin lagi dalam bertadarus . Karena sesungguhnya walaupun hanya satu ayat jika membacanya penuh dengan keikhlasan dan hanya mencari Ridhonya ,maka pahala bagi orang tersebut .Semoga dengan penjelasan keistimewaan malam lailatul qadar dalam syariah islam di atas , sedikit banyak dapat menjawab pertanyaan – pertanyaan kita selama ini . Semoga bermanfaat . Amin. (*/sumber;warohmah.com)

Back to top button