KESEHATAN

43 Persen Lansia di Palembang Sudah Divaksin

 

ASSAJIDIN.COM –Vaksinasi tahap kedua yang diperuntukkan bagi lanjut usia (lansia) dan petugas publik sudah dilakukan sejak awal Maret. Hingga 15 Maret, sudah 39.308 orang atau 43,9 persen yang sudah divaksin.

Salah seorang lansia, Marwa Lim mengatakan, ia sudah melakukan vaksinasi yang diselenggarakan di Mall Palembang Icon. Tidak ada keraguan untuk melakukan vaksin karena ini menjadi salah satu upaya untuk menghadapi pandemi.

“Seusia saya ini sangat rentan, makanya saya tidak ragu divaksin. Tidak sudah juga untuk divaksin, hanya bawa KTP saja, nanti diperiksa dulu kesehatannya jadi jangan takut,” katanya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, dr Fauziah mengatakan, vaksin tahap kedua mulai dilaksanakan awal Maret dengan alokasi vaksin Sinovac yang disiapkan sebanyak 6.080 vial, dimana 1 vial untuk 10 orang.

Lihat Juga :  Waspadai Virus Jembrana pada Hewan Kurban, ini Ciri-cirinya

“Lansia divaksin di fasilitas terdekat dengan tempat tinggalnya, seperti di puskesmas,” katanya.

Vaksinasi tahap kedua ini, ditetapkan sasaran untuk lansia 53.200 orang. Diantaranya 12.466 orang atau 23,3 persen sudah divaksin, tertunda 412 orang atau 0,6 persen dan sudah melaksanakan vaksinasi dosis kedua 95 orang atau 0,1 persen.

“Lansia ini berbeda dengan masyarakat umum, lansia akan melakukan vaksinasi dosis kedua setelah 28 hari,” katanya.

Selain itu, untuk lansia ada proses pemeriksaan kesehatan khusus. Calon penerima vaksin juga ada uji rapuh (apakah lansia itu sering merasa lelah, saat naik 10 tangga bisa atau tidak, berjalan 100-200 meter bisa atau tidak.

Lihat Juga :  Sempat Heboh, RSMH Pastikan Pasien Negatif Virus Corona

“Juga ada lima dari 11 penyakit tidak menular diantaranya seperti jantung, diabetes, hypertensi, jika terdeteksi tiga penyakit pun maka proses vaksinasi tidak bisa dilakukan,” katanya.

Sedangkan untuk petugas publik ditetapkan 21.450 orang sasaran. Diantaranya sudah divaksin dosis pertama 12.970 orang atau 60,4 persen, ditunda 683 orang atau 0,8 persen, dan sudah dilakukan vaksin dosis kedua 1.153 orang atau 5,3 persen, ditunda 1 orang.

Pemerintah Kota Palembang juga telah menyiapkan sebanyak 72 Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang terdiri dari 41 Puskesmas, 26 Rumah Sakit 4 Poliklinik dan 1 kantor kesehatan juga 512 petugas vaksinator. (*/sumber:pitria/assajidingroup)

Back to top button