MUSLIMAH

Merawat Ketiak agar tidak Hitam, dengan Bahan Alami

ASSAJIDIN.COM – Ketiak hitam seringkali menjadi salah satu hal yang membuat seseorang kurang percaya diri. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti iritasi akibat pemakaian deodoran atau teknik mencukur bulu ketiak yang kurang tepat.

Penumpukan sel kulit mati, pemakaian pakaian ketat dan konsisi kesehatan tertentu juga bisa menjadi penyebab ketiak lebih gelap. Beberapa upaya sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Di antaranya adalah mengganti atau menghindari deodoran maupun cara mencukur bulu ketiak, melakukan eksfoliasi rutin, memakai pakaian longgar serta tidak merokok.

Kamu juga bisa mencerahkan ketiak menggunakan bahan alami seperti yang dilansir dari Healthline berikut ini.

Kentang merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit. Kupas kentang dan haluskan. Lalu, tiriskan hingga kamu mendapatkan sari kentangnya.

Lihat Juga :  Tips Agar Kita Kuat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

Aplikasikan sari kentang pada ketiak dan biarkan selama 10 menit. Setelahnya, bersihkan ketiak dengan air dingin.

Timun

Timun dapat menyegarkan kulit dan memperlancar peredaran darah. Sehingga, ketiakmu akan lebih cerah. Iris tebal timun dan usapkan pada ketiak. Setelah 10 menit, bersihkan ketiak dengan air dingin.

Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang dapat mencerahkan kulit ketiak. Gunakan irisan lemon untuk mengusap kulit ketiak. Biarkan selama beberapa saat sebelum dibilas menggunakan air dingin.

Keringkan area ketiak menggunakan handuk lembut dan aplikasikan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit ketiakmu.

Kulit jeruk
Campuran kulit jeruk, susu dengan air mawar dapat menyegarkan serta mencerahkan kulit ketiak. Campurkan semua bahan hingga merata dan aplikasikan pada ketiak.

Lihat Juga :  Makanan Kombinasi Ternyata Kurang Baik, Bisa Menimbulkan Gangguan Kesehatan

Biarkan selama 15 menit sebelum dibilas menggunakan air dingin. Lakukan 2-3 kali setiap minggu agar lebih efektif.

Kunyit

Kunyit seringkali digunakan untuk mencerahkan wajah maupun area kulit lainnya. Campurkan 2 sendok makan tetesan lemon dan kunyit. Aduk rata dan aplikasikan pada ketiak. Bersihkan ketiakmu setelah 30 menit.

Minyak kelapa

Gunakan minyak kelapa untuk memijat ketiakmu agar peredaran darah lebih lancar dan ketiakmu lebih cerah serta kenyal.

Bersihkan ketiakmu setelah 15 menit menggunakan air hangat dan sabun berbahan ringan. Lakukan hal ini 2-3 kali sehari agar lebih efektif mencerahkan kulit ketiakmu.(*/SUMBER: dream)

Back to top button