MOZAIK ISLAM

Jadwal Puasa Rajab Bulan Februari Tahun 2021 ini, Berikut Niat dan Tata Cara Puasanya

AssSAJIDIN.COM —  Bulan Rajab sebentar lagi akan datang di bulan Februari 2021 ini. Puasa Rajab merupakan salah satu puasa sunnah yang memiliki banyak keutamaan.

Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan apabila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya.” HR.At-Thabrani.

Lalu kapan puasa rajab tahun 2021 ini dapat diamalkan? Jadwal Puasa Rajab Tahun 2021 dimulai pada tanggal 1 Rajab 1442 Hijriah atau 13 Februari 2021.

Puasa Rajab merupakan puasa yang dilakukan pada 10 hari pertama bulan Rajab.

Sehingga jika ingin melakukan puasa rajab selama 10 hari, Anda dapat mengamalkannya mulai tanggal 13 Februari 2021 hingga 23 Februari 2021.

Tata Cara Puasa Rajab

Ketentuan menjalankan puasa ini sama dengan puasa lain, seperti berniat dan menahan haus, lapar, serta hawa nafsu dari terbit fajar saat azan Subuh hingga hingga azan Magrib.

Bedanya hanya pada bacaan niat dan waktu pengerjaannya yang dilakukan di 10 hari pertama bulan rajab. Selain itu niat puasa sunah ini juga boleh dilakukan saat pagi atau siang hari ketika sudah melewati waktu subuh.

Lihat Juga :  Fadilah Asmaul Husna dzikir Al Alim

Berikut bacaan niat puasa rajab lengkap tulisan Arab, latin dan artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma hazal yaumi ‘an ada-i sunnati rojaba lillahi ta‘ala.

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah Ta’ala.”

Bulan Rajab merupakan salah satu Asyurul Hurum, sebuah bulan yang dimuliakan selain Dzulqaidah, Dzulhijjah dan Muharram.

Puasa dalam bulan Rajab sebagaimana bulan mulia lain, hukumnya adalah sunnah. Diriwayatkan dari mujibah al-Bahiliyah , Rasulullah SAW bersabda

“Puasalah pada bulan -bulan haram (mulia).” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Ada 6 Keutamaan Puasa di Bulan Rajab seperti dikutip dari Kementerian Agama Kabupaten Kudus berikut:

Keutamaan Puasa di Bulan Rajab

Melaksanakan puasa sebulan

Rasulullah SAW bersabda: “ Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan apabila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya.” HR.At-Thabrani.

Lihat Juga :  Doa Awal Bulan Rajab untuk Raih Keberkahan Hingga Ramadhan, Aamiin...

Mencatat amalnya selama 60 bulan

Rasulullah SAW bersabda: “barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab , Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan.” Abu Hurairah.

Apabila puasa selama 7 hari pada bulan Rajab maka akan menutup pintu neraka baginya.

Apabila puasa selama 8 hari pada bulan Rajab akan membuka 8 pintu surga untuknya.

Apabila puasa selama 10 hari pada bulan Rajab maka akan menghapus dosa dosanya dan diganti dengan kebaikan .

Apabila puasa sehari pada bulan Rajab maka akan mendapatkan air susu yang berasal dari sungai Rajab di surga. Rasanya manis melebihi madu.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan dan rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut. (*/sumber: tribunsumsel)

Back to top button