Uncategorized

Juara ASN Award: Dr Marlia Refianti tidak ingin Sekadar ASN, tapi Lakukan Proyek Akhirat

AsSAJIDIN.COM – Pagelaran ASN Palembang Awards 2020 yang sukses dilaksanakan pada Kamis, (03/12/20) lalu membawa sederet euphoria bagi para finalis khususnya bagi pemenang yang berhasil menyabet juara dengan membawa harum nama instansi masing-masing.

Ini merupakan pengalaman pertama bagi salah satu Juara pertama kategori Kreatif dan Inovatif ASN Awards 2020 Kota Palembang Dr Marlia Refianti, M. Kes berasal dari instansi Dinas Kesehatan Kota Palembang (Puskesmas Kampus).

Menurutnya ini merupakan pengalaman yang luar biasa sekali. Ia mengaku mengikuti proses ASN Awards 2020 dari awal tahap administrasi, karantina hingga proses di babak Grand Final yang disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia serta dihadiri langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru dan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Agung Firman Sampurna, Walikota Palembang H Harnojoyo serta pejabat tinggi lainnya.

Ia bercerita, selama mengikuti Ajang bergengsi ini, ia bertemu dengan ASN yang bermotivasi dan hebat lainnya serta gelaran ini dijadikan moment menjalin hubungan tali silaturahmi.

Lihat Juga :  Nama-nama Pemenang ASN Palembang Award 2023 yang Digelar Pemkot Palembang

“Karena lingkup saya di Dinas kesehatan dan sekarang tentunya lebih banyak teman dan kenalan orang orang yang luar biasa,” kata peraih utama ASN Awards 2020 Kategori Kreatif dan Inovatif.

Selama proses seleksi, salah satunya 24 peserta yang terpilih berkumpul menjalani karantina selama 3 hari. Selama karantina ia bersama rekan lainnya diajarkan dengan hal-hal baru.

Seperti diajarkan disiplin waktu, memakai seragam yang telah ditetapkan, dan juga diajak bekerjasama untuk penampilan seni.

Untuk publik speaking sendiri, tidak ada kesulitan baginya karena dahulu ia pernah menjadi penyiar di stasiun televisi TVRI Sumsel

Akan tetapi, ia mengaku gugup pada proses pertanyaan secara langsung oleh dewan juri diatas panggung. Dan ini merupakan pengalaman pertamanya selama 42 tahun. “Sedikit gugup, akan tetapi berkat pelatihan dan karantina oleh tim yang berkompen dibidangnya alhamdulillah berjalan dengan lancar,”katanya.

Dirinya juga mengaku sangat senang karena selalu diberi motivasi semangat oleh Kepala Badan BKPSDM Kota Palembang. Menurutnya menjadi ASN juga penting adanya motivasi. “Menurut saya ASN itu kan kurang motivasinya, jadi jika ada seseorang yang memberi motivasi berkelanjutan insyaallah terjaga dan kinerjanya akan semakin meningkat,”katanya.

Lihat Juga :  Pro-kontra Wisuda Online di Masa Pandemi

Ia berharap kedepannya dapat membuat inovasi yang lebih besar lagi. Bukan hanya sebatas di ruang lingkup instansi puskesmas saja.

Pastinya berhubungan dengan kesehatan, ia ingin berinovasi yang mendatangkan manfaat baik di lingkungan kerja dan lingkungan lebih luas lagi.

“Saya ingin benar-benar menjadi ASN yang berguna bagi orang banyak. Bisa jadi inspirasi bagi orang lain dan ASN lain tentunya. Bahwa sebagai ASN, bukan hanya sekedar pergi pagi lalu pulang lagi dan mengerjakan sesuatu yang telah ditetapkan. Akan tetapi kita bisa berbuat lebih, walaupun mungkin apa yang kita buat belum dapat penghargaan atau dilihat oleh orang banyak, bisa disebut ini adalah proyek akhirat, bermanfaat buat semua, ingin buat sesuatu yang lebih besar diluar pekerjaan yang rutin saya kerjakan,”katanya. (*)

Penulis: tri jumartini

Back to top button