MOZAIK ISLAM

Baca Doa yang Dianjurkan Nabi ini agar tidak Takut Tidur Sendirian

 

AsSAJIDIN.COM — Islam adalah agama yang sempurna karena tidak hanya menekankan ibadah fardhu (kewajiban), tetapi juga mengajarkan adab dan doa keselamatan. Dari mulai bangun tidur, mandi, makan, berpakaian, bekerja hingga tidur kembali diatur oleh syariat.

Sebagian orang mungkin pernah mengalami gangguan tidur atau kesulitan untuk tetap tidur. Bahkan ada yang takut tidur sendirian. Jika pernah mengalami demikian, ada baiknya mengamalkan doa yang diajarkan Rasulullah صلى الله عليه وسلم berikut. (Baca Juga: Doa Tidur yang Diajarkan Rasulullah SAW)

Dikisahkan ada sahabat mengadu kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم. “Ya Rasulullah, sesungguhnya aku merasa kesepian.”

Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda: “Jika kamu hendak tidur, maka ucapkanlah, “Aku berlindung kepada kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemurkaan dan siksa-Nya, dari kejahatan hamba-hamba-Nya, dan dari bisikan serta kedatangan setan-setan kepadaku”. Dengan demikian setan tidak akan datang kepadamu dan sudah barang tentu tidak akan membahayakanmu.

Lihat Juga :  Sejarah dan Asal Mula Pemberian Nama Muhammad SAW

Syaikh Ali Jaber: Hikmah Dibalik Prancis Insya Allah Jutaan Orang Akan Bersyahadat

بِسْمِ اللهِ أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقَابِهِ وَشَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَاَنْ يَحْضُرُوْنِ

Bismillahi A’udzubikalimaatil-Laahittammati Min Ghodhobihi wa ‘Iqoobihi wa Syarri ‘Ibaadihi wa Min Hamazaatisy Syayathiinni wa Ayyadhdhuruun.

Artinya:
Dengan nama Allah, aku berlindung kepada kalimat Allah yang sempurna dari kemurkaan dan siksaan-Nya, dari kejahatan hamba-hamba-Nya, dan dari bisikan serta kedatangan setan-setan kepadaku. (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Ahmad)

Kisah sahabat lain diceritakan dalam riwayat Imam Tirmidzi. Khalid bin Walid radhiyallahu ‘anhu pernah mengeluhkan susah tidur malam. Dalam ilmu kedokteran dikenal dengan istilah insomnia. Khalid berkata kepada Rasulullah: “Wahai Rasulullah, aku tidak tidur tadi malam karena tidak dapat tidur.”

Kemudian Nabi bersabda: “Apabila engkau pergi ke tempat tidurmu maka ucapkanlah:

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَمَا أَظَلَّتْ وَرَبَّ الْأَرَضِينَ وَمَا أَقَلَّتْ وَرَبَّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضَلَّتْ كُنْ لِي جَارًا مِنْ شَرِّ خَلْقِكَ كُلِّهِمْ جَمِيعًا أَنْ يَفْرُطَ عَلَيَّ أَحَدٌ مِنْهُمْ أَوْ أَنْ يَبْغِيَ عَزَّ جَارُكَ وَجَلَّ ثَنَاؤُكَ وَلَا إِلَهَ غَيْرُكَ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

Lihat Juga :  Jangan Lupakan Doa ini Tiap-tiap Penghujung Shalat

Allahumma Robbas samaawaatis-sab’i wa maa azhallat, wa Robbal ardhiina wa maa aqallat, wa Robbasy-syayaathiina wa maa adhallat, kun lii jaaran min syarri khalqika kullihim jamii’an an yafrutha ‘alayya ahadun minhum au an yabghiya ‘azza jaaruka wa jalla tsanaauka, wa laa ilaaha ghairuka. Laa ilaaha illaa Anta.

Artinya:
Ya Allah, Tuhan tujuh lapis langit dan apa yang menaunginya, Tuhan tujuh lapis bumi dan apa yang ada di dalamnya, serta Tuhan setan dan apa yang tersesat. Jadikanlah untukku pelindung dari kejahatan seluruh makhluk-Mu, yang ingin melakukan kejahatan kepadaku, serta melakukan makar kepadaku. Sungguh mulia perlindungan-Mu, sungguh agung pujian kepada-Mu, tidak ada tuhan selain Engkau, dan tidak ada Tuhan kecuali Engkau. (HR at-Tirmidzi).

Wallahu A’lam. (*/Sumber: sindonews)

Back to top button