MOZAIK ISLAM

Baznas Gelar Pelatihan Bantu Entaskan kemiskinan Kota Palembang

ASSAJIDIN COM – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palembang, memberikan pelatihan pembinaan usaha kecil kepada anggota binaannya. Untuk membantu para mustahik mengembangkan sektor UMKM yang dimiliki agar mendapatkan penghasilan yang layak, sekaligus mendukung program pemerintah dalam hal mengentaskan kemiskinan.

”Pembinaan ini agar mereka bisa menambah ilmu, wawasan dalam mengembangkan usaha kecil yang digeluti,” kata Ketua Baznas Kota Palembang, Drs H M Saim Marhadan. Kegiatan pelatihan yang berlangsung di Balai Kota Palembang, Selasa (20/09).

Saim menambahkan, sebelumnya Baznas telah memiliki 350 usaha kecil binaan dan berharap mereka yang saat ini menerima zakat akan meningkat ditahun depan menjadi pemberi zakat.

Lihat Juga :  Doa Para Malaikat untuk yang Rajin Bersedekah

Seluruh anggota binaan Baznas akan diberikan bantuan pinjaman modal tanpa bunga.
Bantuan nantinya akan diberikan melalui rekening mandiir oleh Baznas dan masing-masing anggota akan dibuatkan rekening mandiri.

Asisten 1 Kota Palembang Faisal mengatakan modal yang diberikan oleh BAZNAS Kota Palembang diharapkan dapat dikembangkan oleh para mustahik.

“Minimal usahanya untuk biaya anak sekolah dan fasilitas untuk anak belajar, Jangan sampai karena tidak ada biaya anak tidak sekola,” ujarnya.

Salah satu anggota binaan usaha kecil Yayah yang juga seorang penjual pempek mengatakan pelatihan ini sangat membantu dirinya, tidak hanya dalam hal keuangan saja namun juga strategi dan peluang usaha.

Lihat Juga :  MUI Palembang Kembali Imbau Umat Islam untuk Ibadah Ramadan di Rumah Saja

“Banyak tips dan trik jualan, strategi peluang usaha, pendampingan UMKM dan banyak lagi,” katanya.

Ia juga berharap pelatihan ini bisa membangkitkan kembali usahanya dari dampak pandemi Covid-19.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh 150 peserta binaan dari berbagai macam latar belakang usaha kecil. (*)

Penulis: tri jumartini

Back to top button